Umar bin Khattab sering mengingatkan umat Islam untuk selalu melakukan muhasabah diri melalui pesannya yang terkenal: “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, dan berhias dirilah kalian untuk menghadapi penyingkapan yang besar (hisab). Sesungguhnya hisab pada hari kiamat akan menjadi ringan hanya bagi orang yang selalu menghisab dirinya saat hidup di dunia”.

Umar bin Khattab menganggap muhasabah lebih dini akan menguntungkan pada kehidupan kelak. Mengapa? Karena dengan mengevaluasi diri sendiri, manusia akan mengenali kekurangannya yang diharapkan dapat diperbaiki sesegera mungkin. Kondisi ini akan meminimalkan kesalahan sehingga tanggung jawab dalam kehidupan di akhirat nanti menjadi sangat ringan.

Umar pernah menghukumi dirinya dengan mengeluarkan sedekah berupa tanah yang harganya 200.000 dirham karena luput dari salat ashar secara berjamaah.

Kebiasaan ini berlanjut kepada anaknya, Ibnu ‘Umar. Pernah suatu kali luput dari salat berjamaah, dia mengganti dengan menghidupkan malam seluruhnya. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini