UM Surabaya

Maka dari itu pemahaman moderasi dan toleransi dalam beragama haruslah kita berikan kepada para pemeluk agama yang ada di Indonesia supaya semua umat beragama bisa membuat tameng atau penghalang yang mampu untuk menjaga keutuhan bangsa ini supaya semua umat beragama dapat hidup berdampingan dengan damai.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk mayoritas Muslim. Tetapi kondisi ini tidak menjadikan Indonesia sebagai negara agama. Karena konsep yang telah terbangun adalah republik.

Dengan demikian, negara dan masyarakatnya harus mengayomi dan melindungi keragaman agama yang berada di Indonesia.

Perbedaan harus disikapi dan diterima sebagai anugerah dari Allah. Keragaman harus dijadikan sebagai ladang dalam beribadah untuk berlomba dalam berbuat kebaikan.

Dalam konteks kehidupan di Indonesia, bersikap moderat adalah mampu menempatkan diri pada situasi perbedaan dan keberagaman yang sudah menjadi sunatullah.

Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang dianugerahi kebhinekaan suku, budaya, bahasa, termasuk agama.

Jika kita tidak moderat dalam bersikap, maka perbedaan yang ada akan saling berbenturan sehingga rawan terjadi konflik dan perpecahan.

Oleh karenanya, para pendiri bangsa telah dengan bijak merumuskan ideologi yang sangat tepat dalam menaungi kebhinekaan ini dengan ideologi pancasila yang dibingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bersikap moderat atau dengan istilah mudahnya adalah bersikap santai, biasa-biasa saja ini sebenarnya sudah dicontohkan oleh ulama-ulama terdahulu yang dengan bijak mampu berdakwah dengan menggunakan infrastruktur budaya.

Para ulama bisa menanamkan prinsip yang memadukan agama, budaya, dan bangsa dalam satu tarikan napas.

Kita sebagai Umat Islam harus berusaha mewujudkan ajaran mulianya untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, menciptakan kesejahteraan bersama, serta mewujudkan kemaslahatan umat manusia tanpa membedakan agama.

Hal ini bisa dimungkinkan jika sikap toleran dan moderat menjadi prinsip utama dalam bermasyarakat. Rasulullah saw menyatakan bahwa agama yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah agama yang lurus dan moderat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini