Hikmah Menahan Marah
foto: getty images

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Expressing anger is a form of public trash-talking.”

(Mengekspresikan kemarahan adalah bentuk membuang sampah sembarangan di depan umum)

Menahan marah adalah sebuah perilaku yang sangat dihargai di dalam Islam. Menurut ajaran Islam, menahan marah adalah sebuah bentuk ketaatan kepada Allah, yang juga bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari kemarahan yang tidak produktif dan merusak.

Allah SWT berfirman:

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali-Imran:134)

Ayat ini menunjukkan bahwa menahan amarah adalah sebuah karakter yang sangat dihargai dalam Islam dan merupakan salah satu ciri dari orang-orang yang bertakwa.

Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw bersabda:

« مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُءُوسِ الْخَلاَئِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللَّهُ مِنَ الْحُورِ مَا شَاءَ »

“Barang siapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah Ta’ala akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya.”(HR Abu Dawud (No. 4777)

Imam ath-Thiibi berkata, “(Perbuatan) menahan amarah dipuji (dalam hadst ini) karena menahan amarah berarti menundukkan nafsu yang selalu menyuruh kepada keburukan.

Sebagian hikmah dari menahan marah di antaranya adalah mempertahankan kehormatan dan harga diri, meningkatkan relasi dengan orang lain, menjaga kesehatan emosional seperti stres dan tekanan darah tinggi, menghindari perbuatan dan kata-kata yang merusak, dan dengan menahan amarah, kita dapat merasakan keridaan dan keberkahan dari Allah.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini