UM Surabaya

Sampai-sampai Rasul mengatakan:

أَنْتَ وَمَالُكَ لِأَبِيكَ

“Engkau dan seluruh harta yang kamu punya adalah milik orangntuamu.”

Seandainya kita hanya punya uang di rekening sebesar 20 juta. Kita juga sudah berkeluarga, sudah punya kebutuhan hidup sendiri.

Kemudian orang tua kita meminta kepada kita agar mentransfer uang tersebut dalam tempo dua hari, maka kita wajib untuk mentransfernya.

Meskipun banyak orang tua yang kemudian tidak tega untuk meminta kepada anaknya, karena Rahmat dan kasih sayang yang Allah tanamkan ke dalam hati orang tua, sehingga tidak tega minta-minta kepada anaknya.

Tapi hadis ini memahamkan kita betapa besarnya kedudukan dan hak orang tua di atas hidup kita.

Percayalah, bahwasannya tidak ada kebaikan yang Allah segerakan balasannya, melebihi kebaikan yang kita persembahkan kepada kedua orang tua kita.

Allah bayar cash/tunai/kontan di dunia, kemudian Allah sempurnakan di akhirat. Saking cintanya Allah kepada orang yang telah membalas setiap pengorbanan yang diberikan orang tuanya.

Makanya berulang-ulang saya sampaikan dalam beberapa kesempatan, tidak ada air susu yang lebih mahal dibanding air susu ibu kita, dan tidak ada keringat yang lebih bernilai dibanding keringat bapak kita yang telah berkorban demi kebaikan dalam setiap episode kehidupan kita.

Maka benar kata sebuah pepatah, “Barang siapa yang memperlakukan orang tuanya layaknya seorang raja, maka Allah akan memperlakukan hidupnya bak seorang raja. Dan sebaliknya, barang siapa yang memperlakukan orang tuanya seperti pembantu, maka Allah akan hinakan hidupnya.”

Dan tidak akan ada masalah yang tidak akan selesai, jika orang tua kita sudah mengucapkan, “Nak, aku rida denganmu”.

Inilah di antara filosofi makna hadis Nabi:

رِضَا اَللَّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَي

“Rida Allah ada pada rida kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim)

Orang tua itu keramat…
Orang tua adalah pintu tengahnya surga. Baiknya kita kepada orang tua, berdampak langsung pada baiknya kualitas hidup kita.

Buruknya perlakuan kita kepada orang tua akan berdampak langsung pada buruknya kualitas hidup kita. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini