Abdul Mu’ti Berikan Apreasi sekaligus Catatan Atas Tingginya Kepercayaan Publik ke Polri
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti
UM Surabaya

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengapresiasi capaian positif Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang dirilis oleh Survei Litbang Kompas pada Selasa (26/12). Pada survei tersebut, angka kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri mencapai 87,8 Persen.

“Kami mengapresiasi peningkatan kualitas layanan polisi sebagaimana ditunjukkan oleh Survei Kompas. Survei itu menunjukkan hasil reformasi kepolisian yang dipimpin oleh KaPolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo),” ungkapnya, Rabu (27/12/2023).

Meski mengapresiasi, Mu’ti tetap memberikan catatan sejumlah hal yang perlu dibenahi oleh Polri agar citra kepolisian makin meningkat.

“Ke depan, masyarakat mengharapkan polisi yang lebih humanis, melayani, profesional, dan netral sesuai dengan semboyan dan program ‘Presisi’ yang dicanangkan KaPolri,” harapnya.

Untuk diketahui, survei yang dilaksanakan oleh Litbang Kompas meninjau aspek kualitas implementasi pengawasan melekat (waskat) Polri di tingkat seluruh Satuan Wilayah (Satwil) pada 22 oktober hingga 15 November 2023.

Fokus penelitian terletak pada lima aspek waskat, baik dalam upaya pencegahan, pembinaan, maupun penindaklanjutan ketika terjadi pelanggaran oleh anggota Polri. Sebab, lima aspek itu mencerminkan kualitas tupoksi Polri dalam penegakan hukum, harkamtibmas, serta perlindungan, pelayanan, dan pengayoman di tengah masyarakat.

Dilaksanakan di 34 provinsi dengan responden acak menggunakan metode pencuplikan sistematis, survei dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah Polda, dengan total keseluruhan 3.400 responden masyarakat umum. Adapun angka margin of error penelitian pada setiap wilayah Polda lebih kurang 8,22 persen.

“Secara rata-rata, tak kurang 87,8 persen publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi. Tercatat sembilan dari sepuluh responden sepakat untuk menyatakan puas terhadap pelayanan yang dihadirkan Polri kepada masyarakat,” tulis Litbang Kompas, Selasa (26/12/2023). (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini