Menjaga Keharmonisan Keluarga
foto: freepik
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Take care of your love as you take care of yourself. Obey your husband and love your wife so that blessings surround your marriage.”

(Jagalah cintamu seperti engkau menjaga dirimu sendiri. Patuhilah suamimu dan cintai istrimu agar berkah menyelimuti pernikahan kalian)

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang sangat penting. Membentuk keluarga yang harmonis membutuhkan rasa kasih sayang yang tulus dari setiap anggota keluarga.

Namun, terkadang kesibukan dan perbedaan pendapat bisa menimbulkan konflik sehingga rasa kasih sayang terkadang menjadi kurang terasa.

Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ruum:21)

Dari ayat ini, kita dapat mengetahui bahwa Tuhan telah menciptakan pasangan hidup kita untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dan belas kasihan di antara kita sebagai keluarga.

Jadi menumbuhkan rasa kasih sayang dalam keluarga sangat penting dalam menciptakan kebersamaan yang harmonis.

Kita perlu berpegang pada nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran dan hadis untuk membentuk keluarga yang jauh dari konflik dan saling mendukung dalam setiap hal.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini