Haedar Ingatkan Empat Aspek Penting Diperhatikan Pimpinan Lembaga Muhammadiyah
Haedar Nashir di acara Baitul Arqam Pelatihan Instruktur Nasional.
UM Surabaya

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan arahan kepada peserta Baitul Arqam Pelatihan Instruktur Nasional, Jumat (9/2/2024). Ada empat aspek krusial yang penting diperhatikan sejumlah pimpinan lembaga dan majelis Muhammadiyah yang menjadi peserta kegiatan tersebut.

Pertama-tama, Haedar mengajak para peserta untuk merenungkan aspek teologis dalam pemikiran Muhammadiyah. Ia menyoroti pentingnya membaca dan menghayati poin-poin kunci keislaman Muhammadiyah yang terkandung dalam Manhaj Tarjih Muhammadiyah.

Manhaj Tarjih dikenal sebagai landasan berpikir keislaman yang komprehensif dan kosmopolit, berakar pada Al Quran dan Al Sunah dengan prinsip-prinsip ijtihad. Haedar yakin bahwa dengan memahami poin-poin kunci ini, Muhammadiyah dapat menjadi gerakan Islam yang fleksibel.

Kedua, Haedar menekankan pentingnya memahami aspek ideologi Muhammadiyah. Selain Manhaj Tarjih, peserta diajak untuk membaca pemikiran-pemikiran ideologis seperti Kepribadian Muhammadiyah, Khittah Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM), Dakwah Kultural, Dakwah Komunitas, Indonesia Berkemajuan, Negara Pancasila Darul Ahdi Wa Syahadah, Risalah Islam Berkemajuan, dan lainnya.

Haedar menekankan bahwa dengan membaca semua ini, perspektif terhadap realitas tidak akan hilang. Pemikiran resmi organisasi ini seharusnya menjadi panduan dan bingkai pemikiran bagi para anggota.

“Kalau semua baca, kita tidak akan kehilangan perspektif dalam membaca realitas. Karena tidak dibaca, yang muncul adalah pikiran pribadi yang tidak menisbahkan pada organisasi. Pemikiran-pemikiran resmi organisasi ini harusnya menjadi guidline kita. Pikiran-pikiran kita harus menjadi bingkai pemikiran kita,” ucap Haedar.

Haedar Nashir juga menggarisbawahi pandangan Muhammadiyah terhadap politik, yaitu sebagai arena ijtihad di mana perbedaan pilihan pasti terjadi. Sikap saling menghargai dianggap sebagai hal yang sangat penting.

Lebih dari itu, sebagai gerakan dakwah Islam, Muhammadiyah diimbau untuk tidak perlu membawa nama organisasi dalam ranah politik praktis. Haedar menegaskan bahwa menghormati perbedaan pilihan dan tidak mengaitkan Muhammadiyah secara langsung dalam arena politik adalah sikap yang seharusnya dipegang teguh.

Aspek ketiga, Haedar juga menggarisbawahi pentingnya memahami aspek organisasi dalam konteks Muhammadiyah yang merupakan organisasi besar. Ia menyoroti risiko terlalu banyaknya kepentingan pragmatis yang dapat mengakibatkan ketidakpaduan dalam gerakan Muhammadiyah.

Untuk itu, Haedar berpesan kepada elit Muhammadiyah agar bersatu padu dan bekerja sama untuk merekatkan gerakan ini sehingga dapat menjadi organisasi yang terpadu dan kokoh.

Keempat, Haedar menekankan aspek praksis gerakan sebagai langkah lanjutan. Ia mengajak para peserta untuk melakukan upaya lebih maksimal dalam menjaga dan mengembangkan amal usaha Muhammadiyah yang telah maju.

Haedar menekankan perlunya pertahanan terhadap pencapaian yang sudah ada, sambil terus berupaya meningkatkan bidang-bidang yang masih perlu pengembangan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini