Doa Mengubah yang Mustahil
foto: getty images
UM Surabaya

Doa mempunyai kedudukan yang tinggi. Allah Azza wa Jalla memerintahkan para hamba-Nya untuk meminta kepada-Nya, karena doa merupakan ibadah.

Allah Azza wa Jalla berjanji akan mengabulkan doa orang yang meminta kepada-Nya. Di sisi lain, seorang hamba hendaknya bertawakal.

Doa merupakan salah satu sebab mendatangkan rezeki. Mengingat doa adalah bentuk tawajjuh (menghadapkan diri) dan permohonan kepada Allah Azza wa Jalla Yang Maha memberi rezeki, di mana di tangan-Nya lah semua kendali rezeki.

Maka sudah semestinya kita memohonkan kepada-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ ، ثُمَّ تَلا : {وَقَالَ رَبُّكُمَ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ} … الآيَة

“Doa, dia itulah ibadah. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan ayat yang artinya: Dan Rabb mu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan kabulkan permintaanmu.” (Surat Ghâfir/ 40: 60. Shahîh Sunan Abî Dâwud, no. 1312)

Artinya, doa memang pantas untuk disebut sebagai ibadah. Mengingat hal tersebut menunjukkan sikap menghadap pada Allah Azza wa Jallla dan berpaling dari semua selain Dia.

Maka bila seorang hamba meminta rezeki, maka tidaklah ia memohon dan meminta kecuali kepada Allah Azza wa Jalla, Dzat Maha Pemberi akan mengabulkannya…

Allah Azza wa Jalla pun menegaskan bahwa Dia malu bila seorang hamba bersimpuh kepada-Nya dengan menengadahkan kedua tangannya tanpa mendapatkan hasil. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ رَبَّكُمْ حَيِيٌّ كَرِيمٌ, يَسْتَحِي مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ إِلَيْهِ يَدَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفَرًا

“Sesungguhnya Rabb kalian Maha Malu lagi Maha Pemurah. Dia malu kepada hamba-Nya, bila ia mengangkat kedua tangan memohon kepada-Nya lalu ia balikkan keduanya kosong tanpa hasil.” (Shahîh Sunan Abî Dâwud, no. 1320)

Bahkan Allah Azza wa Jalla murka ketika hamba-Nya tak meminta dan memohon kepada-Nya. Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di hadapan Allah Azza wa Jalla daripada doa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini