Perintah Bersedekah Tidak Terikat Waktu
foto: photovoice
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza

Adalah sebuah perbuatan sederhana namun memang memberikan banyak manfaat bagi diri manusia.

Sedikit atau banyak dalam bersedekah asalkan dilakukan dengan ikhlas tentunya akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Pastinya kita ingat dengan pepatah apa yang kita tanam akan kita tuai, itu pula hal yang terjadi dalam sedekah.

Sedekah tidak mengajarkan kita untuk pamrih. Bukan berharap untuk mendapatkan apa yang telah kita sedekahkan untuk kembali, namun bersedekah memang akan membuat jiwa tenang dan harta bersih.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 261)

Bersedekah adalah perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang  sungguh agung. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menegaskan wajibnya perintah bersedekah tidak terikat dengan waktu dan keadaan seorang hamba.

Bersedekah tidak hanya di saat kita berkecukupan (memiliki harta) saja, akan tetapi di waktu kita sedang kesulitan (kekurangan harta) pun kita diwajibkan untuk bersedekah. Seberapa pun dan dalam bentuk apa pun.

Karena sedekah tidak harus menggunakan harta. Bisa dengan tenaga, pikiran, bahkan senyum pun bisa menjadi sedekah asal kita melakukannya dengan niat ikhlas meraih rida Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Insya Allah kesehatan dan keberkahan tetap dilimpahkan kepada kita semua serta senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur dan memiliki hati yang terbaik, bersih dan ikhlas dalam berbuat kebaikan.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menerima tobat dan memberi ampunan atas dosa-dosa kita. Aamiin yaa robbal aalamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini