Menyongsong Bulan Ramadhan Dengan Ilmu
M Roisudddin, MPd
UM Surabaya

*) Oleh: M. Roisuddin, MPd

اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ خَلَقَ الْاِنْسَانَ فِيْ أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْعَظِيْمِ الْكَرِيْمِ. وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كُنِّيَ بِأَبِي الْقَاسِمِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون.

Jamaah Jum’ah Rohimakumulloh

Senantiasa memunajatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, teriring Selawat dan salam tercurah kepada Nabi Agung Muhammmad SAW.

Mengawali khotbah yang singkat ini, khatib berwasiat takwa kepada jamaah sekalian dengan selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala dengan melaksanakan semua kewajiban dan meninggalkan segenap larangan.

Hadirin rahimakumullah, tidak lama lagi, kita akan memasuki gerbang Ramadhan 1445 H.  Menghitung hari kita akan menyongsong bulan penuh keistimewaan dan kemuliaan yakni Ramadhan.

Tepatnya tanggal 11 Maret 2024 mendatang, sebagian umat Islam  telah resmi menyambut bulan penuh berkah dan ampunan.

Setidaknya ikhtiar Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang mengedepankan ilmu pengetahuan dalam menentukan hukum Fiqih telah mengeluarkan maklumat awal Ramadhan lewat Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sebagai wujud kesungguhan kita dalam menyambut tamu istimewa tersebut, dan sebagai bukti keseriusan kita dalam memuliakannya, tentunya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya.

Lalu apakah yang harus dipersiapkan?

Untuk memaksimalkan kualitas ketakwaan mari kita persiapkan hal-hal yang sekiranya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitan ibadah kita mari kita simak Firman Allah SWT dalam QS. Al Hasyr : 18

يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللّٰهَ إِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al Hasyr [59]: 18)

Jamaah Jum’ah Rohimakumulloh..

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut datangnya tamu istimewa bulan Ramadan yang agung ini? Paling tidak ada empat hal berikut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini