Jihad Ekonomi Muhammadiyah
foto: rm.id
UM Surabaya

*) Oleh: Drh H Baskoro Tri Caroko,
National Poultry Technical Concultant, LPCRPM PP Muhammadiyah bidang Pemberdayaan Ekonomi

Jumat, 16 Februari 2024, karena plat nomor ganjil, mobil parkir di Stasiun Sudimara, saya naik KRL menuju kantor PP Muhammadiyah di menteng Jakarta Pusat. Memenuhi undangan MLH mewakili LPCRPM PP Muhammadiyah. Berbincang program 1.000 cahaya, fokus isu transisi energi, menarik.

Rapat dilakukan hybrid, 15 orang hadir di ruang pertemuan lantai 6 di kantor PP Muhammadiyah, sementara direktur program 100 cahaya mengikuti secara daring (online) dari Filipina.

Suasana hangat mirip ketemuan saudara sepupu, saling bertukar pikiran, membahas topik yang sama dengan cara pandang berbeda, saling mengisi dan menguatkan, dengan platform Islam yang berkemajuan.

Narasumber pertama, Rizky Fauzi, tim program 1000 cahaya, sekaligus MLH PP Muhammadiyah. menyampaikan bahwa 1000 cahaya adalah program mewujudkan energi bersih pada tahun 2045,

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Anwar Abbas, MM., MAg, yang juga seorang ulama, dosen, dan ahli ekonomi Islam Indonesia, sebagai narasumber memberikan arahan sebagai berikut:

1. Kampanye hemat energi listrik , bisa diatur kerja sama dengan Dikdasman agar memberikan instruksi pada semua sekolah dan pesantren Muhammadiyah mendukung program tersebut.

2. Agar efektif mewujudkan energi bersih tahun 2045, perlu dibangun semacam centra kegiatan terpadu, sebagai kolaborasi majelis dan lembaga, misalkan MLH dan LPCRPM PPM, dan majelis atau Lembaga lain yang dibutuhkan, misal dengan pemberdayaan potensi waqaf, untuk pembangunan masjid, sekolah atau pesantren yang dilengkapi dengan unit usaha pemberdayaan ekonomi dengan menggunakan desain bangunan modern yang dilengkapi fasilitas panel atap surya sebagai sumber energi listrik.

Setelah salat isya dan makan malam sambil bercengkerama dengan istri, saya berniat menyiapkan materi acara Koordinasi Teknis LPCRPM PPM dan Universitas Muhammadiyah Cirebon, direncanakan awal Maret 2024, Grand Design Pemberdayaan Ekonomi Berbasis UMKM Telur Sebagai Strategi untuk Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid Muhammadiyah, tetapi rasa lelah dan kantuk memboikot seluruh energi saya dan memaksa menuju dipan lincak kesayangan, beristirahat dan tidur.

Untuk memasuki kompleks peternakan ayam petelur komersial milik Persyarikatan Muhammadiyah itu saya harus melewati pintu gerbang yang bisa terbuka otomatis apabila ditempelkan ID Card khusus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini