Misi Global Muhammadiyah, Satukan Hari Arafah
UM Surabaya

Bagi Muhammadiyah sendiri Kalender Islam Global adalah kalender Hijriah dengan prinsip satu hari satu tanggal di seluruh dunia.

Hal itu berarti satu sistem kalender berlaku di seluruh kawasan muka bumi tanpa kecuali yang berasaskan keselarasan antara hari dan tanggal.

Alquran memberi petunjuk kepada manusia tentang pentingnya waktu dalam kehidupan.

Penggunaan waktu dengan yang baik dan bermanfaat menjadikan diri manusia sebagai orang yang beruntung.

Sebaliknya kegagalan manusia dalam mengurus dan mengorganisasi waktu dengan baik sehingga hidupnya menjadi kacau akan menghantarkan kepada kerugian hidup.

Problem kekacauan sistem waktu di dunia Islam disebabkan ketiadaan kalender Islam global.

Maka, adanya kalender Islam global menjadi penting karena dapat memberikan kepastian waktu-waktu ibadah dan dapat pula dijadikan sebagai kalender transaksi.

Penerapan kalender Islam global termasuk dalam kategori hifdzu ad-din (perlindungan keberagamaan). Ini berarti hari-hari ibadah umat Islam dapat tersatukan.

Khususnya ibadah puasa sunah pada hari Arafah, yakni pelaksanaan puasa Arafah di suatu tempat di luar Makkah sesuai dengan tanggal 9 Zulhijjah di Makkah yang merupakan hari Arafah. (*)

(Disarikan dari penjelasan Rahmadi Wibowo Suwarno, anggota pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, seperti dilansir muhammadiyah.or.id)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini