LPO PP Muhammadiyah Ngaji Olahraga, Kenali Cabang Menembak
LPO PP Muhammadiyah menggelar webinar bertajuk Mengenal Olahraga Menembak.
UM Surabaya

Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar webinar bertajuk Mengenal Olahraga Menembak, pada Jumat (17/5/2022). Webinar ini merupakan rangkaian Ngaji Olahraga yang rutin digelar dua minggu sekali. Webinar bertajuk mengenal olahraga menembak menghadirkan Prof. Sri Atmaja P. Rosyidi, anggota Persatuan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) dan Indonesia Hunting Association (ISHA).

“Menembak termasuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade modern pertama di Athena pada 1896. Dari hanya lima nomor, saat ini menembak berkembang menjadi 15 nomor, yang terdiri dari tiga disiplin, yaitu senapan, pistol, dan shotgun,” jelas Sri Atmaja.

Sri Atmaja menambahkan, awalnya menembak adalah kompetisi terbuka hingga pada Olimpiade 1984 di Los Angeles di mana dipertandingkan nomor khusus putri. Kompetisi senapan dan pistol digelar di shooting range, di mana para atlet membidik target dengan jarak 10, 25, dan 50 meter.

“Olahraga menembak sangat mengedepankan safety. Jika tertarik mengikuti olahraga menembak harus mengikuti prosedur yang sudah digariskan oleh Perbakin,” jelasnya.

Sri Atmaja menjelaskan, menembak adalah kegiatan melepaskan peluru dari senjata api untuk diarahkan ke suatu target atau sasaran. Sedangkan senjata api adalah alat yg digunakan sebagai senjata dengan cara mengeluarkan atau melepaskan proyektil satu atau lebih (secara berurutan) karena menggunakan pembakaran atau ledakan utk menghasilkan gas yang dapat mendorong proyektil dengan kecepatan tinggi.

Webinar diikuti lebih dari enam puluh peserta yang antusias mengikuti dari awal sampai selesai. Materi yang menarik dari Sri Atmaja, dengan disertai contoh senjata yang dipakai dalam olahraga menembak membuat peserta antusias. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini