Kualitas Pelayanan Ibadah Haji dan Humanitas Jemaah
Masjidil Haram dipadati calon jemaah haji. foto: media center haji 2024
UM Surabaya

*) Oleh: Dr. Slamet Muliono Redjosari

Pelayanan ibadah haji tahun ini terlihat baik. Para jemaah haji merasakan pelayanan lebih cepat dan manusiawi.

Dikatakan manusiawi karena pelayanan yang diberikan sangat memperhatikan aspek kemanusiaan.

Di sisi lain, humanitas jemaah haji sangat terlihat baik sejak di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

Kualitas pelayanan

Sejak awal masuk asrama haji, para jamaah mendapatkan pelayanan yang bagus dari pihak penyelenggara haji.

Prosedur kedatangan dibuat mudah. Para jamaah haji begitu datang dibuat nyaman dan at home.

Kedatangan jemaah haji langsung sambutan hangat. Mereka melayani dengan cepat, di antaranya, jemaah haji didata dengan mengelompokkan sesuai urutan rombongan yang sudah ditentukan.

Begitu datang langsung dicek tensi dan saturasi, dan setelah dinyatakan bagus (normal) mereka dipanggil untuk menerima paspor, uang kembalian (senilai 750 SR) dan pemakaian gelang resmi.

Setelah itu pengarahan singkat dan menerima tas berisi paket kesehatan seperti masker, oralit, vitamin dan lain-lain.

Setelah semuanya selesai para jemaah haji diminta istirahat di kamar yang sudah ditentukan hingga waktu isya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini