Dua Kampus Muhammadiyah Berhasil Duduki Universitas Terbaik Dunia
Kampus UMY dan UMS.
UM Surabaya

Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) merilis hasil pemeringkatan kampus terbaik di seluruh dunia dalam World University Rankings (WUR) 2025. Dalam rilis yang diterbitkan di London, Selasa (4/6/2024), QS WUR memuat peringkat lebih dari 1.500 kampus, yang tersebar di 106 negara.

Terdapat dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) berhasil masuk dalam daftar QS WUR 2025 yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Tanggapi perolehan tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiya Irwan Akib menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya.

Irwan mengatakan bahwa capaian ini tentu bukan datang secara tiba-tiba, melainkan lahir dari program-program yang unggul dan terukur yang dikawal oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni  dengan  kerja keras semua komponen yang ada di kedua institusi tersebut.

Selain itu, Irwan juga mengungkapkan bahwa selain perolehan peringkat tersebut, baru-baru ini UMS kebanjiran peminat mahasiswa asing yang mencapai 8000 calon mahasiswa asing dari berbagai negara. Demikijan juga UMY yang setiap tahunnya diminati oleh ribuan mahasiswa dari berbagai negara.

“Dua capaian ini tidak lepas dari tagline Muhammadiyah yaitu unggul berkemajuan dan juga program internasionalisasi,” jelas Irwan ketika dihubungi pada Rabu (12/6/2024).

Irwan juga berpesan agar PTMA yang lain untuk terus menghadirkan pusat-pusat keunggulan, serta memberi pelayanan prima kepada semua pemangku kepentingan, dan hadir dengan keunggulannya masing-masing.

Sekadar diketahui, kriteria penilaian dalam QS WUR 2025 edisi ke-21 mencakup academic reputation (reputasi akademik), citations per faculty (sitasi per dosen), employer reputation (reputasi alumni), employment outcomes (keterserapan lulusan di dunia kerja), faculty student ratio (rasio dosen dan mahasiswa), international faculty (dosen internasional), international research network (jaringan riset internasional), international students (mahasiswa asing), dan sustainability (keberlanjutan).

Sebanyak 26 kampus di Indonesia masuk dalam daftar QS WUR 2025.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Pemeringkatan UMS, Gunawan Ariyanto, S.T., M.Comp.Sc, Ph.D., bersyukur atas peringkat yang diraih UMS dan pengakuan oleh QS World University Rankings. Menurutnya, di tengah ketatnya persaingan antaruniversitas di dunia, UMS masih mampu menunjukkan reputasi akademik yang baik didukung jaringan riset internasional berkelas dunia.

“PR ke depan jelas meningkatkan kualitas semua indikator yang ada di pemeringkatan, mulai dari jumlah artikel scopus dan kualitasnya, jaringan kerja sama internasional, dan prestasi dosen di tingkat internasional,” tutur Gunawan, Selasa (11/6/2024).

Ia menambahkan, UMS terus berkomitmen meningkatkan kualitas lulusan agar memberikan dampak bagi masyarakat luas dan lingkungan. UMS juga mendorong setiap lulusannya untuk meraih prestasi, tidak hanya di kancah nasional, tetapi juga di kancah internasional.

Selain itu, Gunawan menuturkan UMS terus mengembangkan diri sebagai institusi pendidikan yang berkelanjutan baik dari sisi lingkungan, sosial, maupun kesehatan.

“Usaha UMS itu diwujudkan dalam pembentukan SDGs Center dan segala aktivitas yang dinaungi lembaga tersebut,” imbuh dia. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini