Mengunduh Pahala Seberat Gunung Uhud
Jenazah dimakamkam di Makkah. foto: kemenag
UM Surabaya

*) Oleh: Dr. Ajang Kusmana

Salat jenazah adalah amalan untuk mendoakan orang yang meninggal dunia. Salat ini berbeda dari salat yang lain karena tidak menyertakan rukuk maupun sujud di dalamnya dan dengan empat kali takbir.

Salat jenazah mendatangkan pahala bagi pelaku salat dan menjadi syafaat (magfirah) bagi jenazah yang disalatinya.

Oleh karena itu, para ulama mewajibkan pelaku salat jenazah untuk menyertakan hati dan tujuan yang ikhlas dan melakukannya dengan khusyuk. Hal ini didasarkan pada hadis nabi sebagaimana berikut:

إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلَى الْمَيِّتِ فَأَخْلِصُوا لَهُ الدُّعَاء . رواه أبوداود وابن ماجه

“Apabila kalian melakukan salat jenazah, hendaklah mengikhlaskan doa untuknya.”
(HR Abu Daud dan Ibnu Majah)

Ataupun dalam hadis lain:

عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّي الله مَا مِنْ مَيِّتِ يُصَلِّى عَلَيْهِ أُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِينَ يَبْلُغُونَ مائَةً كُلُّهُمْ يُشْفِعُونَ لَهُ إِلَّا شُفَعُوا فِيهِ

“Dari Aisyah dari Nabi saw bahwasannya setiap mayit yang disalati oleh kaum muslimin yang mencapai jumlah seratus orang, semuanya meminta (syafaat) ampunan, niscaya permohonan ampunan mereka untuk jenazah itu akan dikabulkan. (HR Ahmad, Muslim, Nasai, dan Tirmidzi)

Setiap saat di salat lima waktu Imam masjid Nabawi dan Masjid Haram selalu menyelenggarakan salat jenazah. Yang wafat rata rata 30 sampai dengan 40 orang setiap salat lima waktu. Sungguh, akhir kehidupan yang baik karena disalatkan oleh dua juta orang.

Karena kapasitas Masjidil Haram adalah dua juta jemaah. Jangan disalatkan oleh jutaan orang sekedar disalatkan oleh 40 orang saja sudah mendapatkan syafaat dari Allah dan ampunan sekaligus.

Jemaah haji tahun ini yang wafat sekitar 1.301 jemaah berasal dari berbagai negara, menurut otoritas Arab Saudi. Dari jumlah itu, sebanyak 234 orang berasal dari Indonesia, berdasarkan data Kementerian Agama, Senin (24/6/2024).

Tentunya hingga saat ini masih terus ada yang wafat. Penulis saksikan dan ikuti setiap salat lima waktu selalu ada salat jenazah. Di satu sisi bersyukur karena mendapatkan pahala bergunung-gunung banyaknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini