Bakti 100 Anak Yatim, Wujud Kepedulian Ranting Muhammadiyah-Aisyiyah Masangan Wetan Sidoarjo
Bakti Anak Yatim dan Sunatan massal yang diadakan oleh PRM, PRA, dan PRPM Muhammadiyah Desa Masangan Wetan.
UM Surabaya

Wajah ceria dan sumringah anak-anak yatim terpancar bahagia saat menerima bingkisan alat sekolah dan uang saku di kegiatan bakti anak yatim dan sunatan massal yang diadakan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah & Aisyiah & Pemuda Muhammadiyah Desa Masangan Wetan Cabang Sukodono Sidoarjo. Kegiatan yang dilaksanakan Ahad (7/7/2024) bertempat di Balai RT 33 RW 10 Grand Masangan Sukodono Sidoarjo yang diikuti 100 anak yatim sekitar Desa Masangan Wetan.

Kegiatan yang mengambil tema “Berssama Aanak Yatim Insyaallah Hidup Kita Lebih Berkah” juga dihadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sidoarjo Ustaz Imam Mahfudhi, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Hj. Zubaidah Syafii, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukodono, Dr. Dwi Songgo, MM, Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Sukodono Islamiyah, Ketua RW 10 Grand Masangan, Eko Armadianto, Pengurus Ikatan Mahassiwa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Kedokteran UMSurabaya dan TIM Yayasan Sunat Gratis Indonesia (SGI) dan Jama’ah Muhammadiyah Masangan Wetan.

Ustaz Imam Mahfudhi mewakil PDM Sidoarjo mengaku bangga apa yang dilakukan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Masangan Wetan dibawah kepemimpinan Gus Dr. Sholikh

“Ini luar biasa kompak dalam berdakwah mengembangkan Muhammadiyah di basis desa. Kekompakan itu membuahkan hasil dakwah yang luar biasa dengan dapat memberikan sesuatu bermanfaat untukmasyarakat. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan alat sekolah dan uang saku sekolah bagi 100 anak yatim, tentu apa yang sudah dilakukan PRM Masangan Wetan bisa manjadi inspirasi bagi ranting Muhammadiyah yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Hj. Zubaidah Syafii (Ketua PDA Sidoarjo) menyampaikan, Ranting Aisyiah Masangan Wetan membanggakan, karena belum setahun berdiri sudah banyak aktifitas yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Saya sangat bangga dan terharu, padahal PRA ini dibentuk belum satu tahun Februari 2024, tetapi sudah dapat melaksanakan berbagai agenda dakwah Aisyiyah yang memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat miskin dan yang membutuhkan. Kegiatan  ini bagian dari wujud terus melanjutkan dakwah KH. Ahmad Dahlan dengan terus peduli dengan anak yatim.  Tentu saya berharap bagi Ranting Aisyiyah bisa belajar dan bekerjasama dengan PRA Masangan Wetan dalam mengelola program dakwah yang berkemajuan,” jelasnya.

Sementara, Gus Dr. Sholikh al-Huda (Ketua PRM dan Wakil Direktu Pascasarjana UM Surabaya) mengatakan, kegiatan bakhti anakyatim ini merupakan bagian dari komitmen dakwah Ranting Muhammadiyah dalam mewujudkan teologi al-Maun, untuk terus peduli atas nasib anak yatim.

“Mereka tentu sangat membutuhkan perhatian dan bantuan kita, agar mereka juga bisa hidup layak dan bergembira di tengah mereka yang sudah ditinggal meninggal orang tuanya,” jelasnya.

Ketua PRA & Bidan RS PKU Muhammadiyah Surabaya Maulida Puji Ayu, Amd.Keb menambahkan, kegiatan Bakhti Anak Yatim merupakan bagian dari kepedulain dakwah Aisyiyah untuk terus membantu warga sekitar Masangan Wetan.

“Terutama bagi anak-anak yatim yang sangat membutuhkan bantuan kita, dan salah satu kebutuhannya adalah peralatan sekolah makanya kita bantu dengan memberikan alat sekolah dan uang saku sekolah agar dapat sekolah dengan baik,” tuturnya.

Ketua Panitia dan Dosen PBSI UM Surabaya Insani Mubarok mengatakan, kegiatan bakti sosial dapat terselenggara karena hasil kolaborasi dan bantuan sponsorship yang bersedia membantu.

“Oleh karena itu atas nama panitia saya ucapkan banyak terima kasih kepada para pihak sponsor yaitu: SAFAR UTAMA TRAVEL AGENCY, SURYA CATERING & SNACK, RS PKU Muhammadiyah Kota Surabaya, LAZISMU UM Surabaya, LAZISMU Jawa Timur, SD Muhammadiyah IKROM Wage, SD Muhammadiyah 1-2 MUMTAZ Sepanjang, SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya, SD Muhammadiayh 6 Gadung Surabaya, FKIP UM Surabaya, Ayam GEPREKIN, CLENTEX dan Yayasan Sunat Gratis Indonesia (GSI). Semoga semua bantunya menjadi amal jariyah dan kita tetap bisa terus bekerjasama untuk membantu mayarakat yang membutuhkan dan memajukan dakwah Muhammadiyah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan lauching Unit Usaha Muhammadiyah (UUM) Ranting Masangan Wetan yaitu, SAFAR UTAMA TRAVEL AGENCY dan SURYA CATERING & SNACK. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini