Amalan Bergantung pada Akhirnya
foto: afp
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Kita semua tentunya ingin diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah (akhir hidup yang baik).

Namun, anehnya mengapa yang kita minta hanya sebatas kekayaan, kesuksesan dalam karier, naik pangkat, gaji yang besar, panjang umur?

Itu semua urusan duniawi dan tidak akan bisa dibawa mati.

Sudahkah kita minta agar Allah Azza Wa Jalla berikan hidayah-Nya kepada kita? Seberapa sering kita berdoa untuk meminta agar Allah Azza Wa Jalla berikan hidayah-Nya kepada kita dalam sehari?

Salah satu doa yang bisa kita baca dan doa ini disunahkan juga oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu petunjuk, ketaqwaan, penjagaan diri dari segala keburukan dan kekayaan hati, selalu merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR. Imam Muslim, no.2721)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berdoa saat tertimpa kesusahan: “Ya Allah, hanya rahmatMu yang aku harapkan, maka janganlah Engkau menyerahkan aku kepada diriku sendiri meski hanya sekejap mata dan perbaikilah seluruh urusanku. Tiada ilah yang berhak disembah selain Engkau.” (HR.Abu Dawud 5090)

“Ya Allah, jadikanlah baik akhir setiap urusan kami dan lindungi kami dari bencana dunia dan adzab akhirat.” (HR. Imam Ahmad, 4/181)

Semoga Allah Azza Wa Jalla memberikan kemudahan untuk kita memperbaiki keadaan diri pribadi yang mulai lalai akan ibadah dan semoga Allah Azza Wa Jalla menjadikan diri kita sebagai hambaNya yang senantiasa pandai bersyukur,

“Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan agar aku dapat mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai. Masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml : 19)

Ketika kita sudah mendapatkan hidayah (petunjuk) Allah Azza Wa Jalla maka tugas kita selanjutnya adalah meminta kepada-Nya agar diberikan taufik (kemudahan) untuk mempelajari dan memahami ilmu agama Islam, sebagai bekal beribadah dan beramal saleh. Karena kaitan antara taufik dan hidayah Allah Azza Wa Jalla itu sangat erat.

Taufik adalah kunci untuk mendapatkan hidayah. Tanpa taufik dari Allah Azza wa Jalla, kita tidak akan menjadi muslim yang saleh. Tanpa taufik, kita tidak akan bisa beribadah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini