Istri yang Dirindukan Surga
Ilustrasi foto: istock
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“There is a price to be paid for every choice, for every decision. Often not just by yourself. Not just for now, but for the rest of your life.”

(Ada harga yang harus dibayar pada setiap pilihan, pada setiap keputusan. Seringkali bukan cuma oleh diri sendiri. Bukan hanya untuk saat ini, namun hingga sepanjang usia)

Istri adalah anugerah yang Allah SWT berikan bagi laki-laki sebagai pendamping hidupnya. Seorang suami yang memperlakukan istrinya dengan baik akan merasakan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Seperti yang disebutkan dalam firman-Nya:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS.Ar-Ruum:21)

Dalam hadis juga terdapat banyak pengajaran tentang pentingnya pandangan positif suami terhadap istrinya.

Dari Aisyah berkata bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

– خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى. رواه الترمذى)

“Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR.Tirmidzi No. 285)

Dari hadis tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Nabi Muhammad saw adalah teladan untuk semua suami dalam memperlakukan istrinya dengan baik.

Maka oleh sebab itu, setiap suami hendaknya merindukan istri yang bisa menjadi mahligai surga bagi dirinya.

Dengan memperlakukan istri dengan baik, mencintainya, dan menghargainya, suami dapat merasakan kedamaian dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Semua itu tergantung pada bagaimana caranya kita berinteraksi dengan istri kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini