Mahasiswa UAD Sukses Meriahkan Pasar Blumbang dengan Stan Permainan Tradisional
PPK Ormawa melalui HMPS PGSD UAD kembali berpartisipasi aktif dalam Pasar Blumbang Mataram .
UM Surabaya

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) kembali menunjukkan eksistensinya.

Kali ini, mereka berpartisipasi aktif dalam Pasar Blumbang Mataram #15 yang diadakan di Desa Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Ahad (21/7/2024).

Tim PPK Ormawa HMPS PGSD sukses menyedot perhatian pengunjung dengan menghadirkan stan permainan tradisional yang meriah di pintu masuk pasar.

Berbagai permainan tradisional seperti engklek, gobag sodor, bentengan, dan lompat tali disajikan dengan menarik.

Anak-anak maupun orang dewasa tampak antusias mencoba permainan-permainan tersebut.

Selain menjadi ajang rekreasi, stan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda dan melestarikan budaya bangsa.

Ketua PPK Ormawa HMPS PGSD Emilia Cesari mengungkapkan rasa syukurnya atas antusiasme pengunjung terhadap stan permainan tradisional.

“Kami sangat senang melihat banyak anak-anak dan orang dewasa yang antusias mencoba permainan tradisional. Ini menunjukkan bahwa permainan tradisional masih memiliki daya tarik tersendiri,” ujarnya.

Mahasiswa UAD Sukses Meriahkan Pasar Blumbang dengan Stand Permainan Tradisional
PPK Ormawa melalui HMPS PGSD UAD kembali berpartisipasi aktif dalam Pasar Blumbang Mataram. foto: ist

Selain menyediakan permainan, tim PPK Ormawa juga membagikan informasi mengenai pentingnya melestarikan permainan tradisional. Beberapa pengunjung bahkan turut berbagi cerita mengenai pengalaman mereka saat bermain permainan tradisional di masa kecil.

Lebih lanjut, kegiatan ini tidak hanya sekadar bermain, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar warga. Keberhasilan stan permainan tradisional ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi terselenggaranya kegiatan serupa di masa mendatang.

Tim PPK Ormawa HMPS PGSD juga berharap dapat menjalin kerjasama yang lebih erat dengan pihak desa dan pemerintah seperti KONI, KORMI, Lembaga Pengembangan Olahraga Muhammadiyah, dan berbagai dinas yang terkait untuk bersama-sama melestarikan budaya dan permainan tradisional.

Mereka juga berharap generasi mendatang dapat terus menikmati warisan budaya bangsa.

Keberhasilan stan permainan tradisional ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara seluruh anggota tim PPK Ormawa HMPS PGSD.

Mereka telah bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu mulai dari pembuatan alat permainan hingga promosi kegiatan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini