Bertabur Cahaya Atau Indah Dalam Kegelapan
foto: iqraonline
UM Surabaya

*) Oleh: Masro’in Assafani, MA,
Wakil Ketua PDM Lamongan

Agama Islam adalah agama kedamaian, agama keselamatan, agama ketentraman, agama kasih sayang, agama yang menebarkan kemanusiaan.

Islam adalah agama samawi yang di bawa para Nabi serta para utusan Allah Yang Maha Suci. Islam menuntun manusia dari kegelapan menuju cahaya terang benderang.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّا سُ قَدْ جَآءَكُمْ بُرْهَا نٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَاَ نْزَلْنَاۤ اِلَيْكُمْ نُوْرًا مُّبِيْنًا

“Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur’an).” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 174)

Gambaran Islam dan lainya yaitu bagaikan kematian dan kehidupan. Islam itu laksana kehidupan, maka berbanding selainnya laksana kematian. Maka hidup dan mati merupakan perbedaan yang amat jauh.

Orang yang berjalan di atas cahaya dengan orang-orang yang berjalan bahkan terpaku dalam kegelapan sangatlah beda, itulah antara Islam dan kekafiran.

Allah SWT berfirman:

اَوَمَنْ كَانَ مَيْتًا فَاَحْيَيْنٰهُ وَجَعَلْنَا لَهٗ نُوْرًا يَّمْشِيْ بِهٖ فِى النَّاسِ كَمَنْ مَّثَلُهٗ فِى الظُّلُمٰتِ لَـيْسَ بِخَارِجٍ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ زُيِّنَ لِلْكٰفِرِيْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

“Dan apakah orang yang sudah mati lalu Kami hidupkan dan Kami beri dia cahaya yang membuatnya dapat berjalan di tengah-tengah orang banyak, sama dengan orang yang berada dalam kegelapan, sehingga dia tidak dapat keluar dari sana? Demikianlah dijadikan terasa indah bagi orang-orang kafir terhadap apa yang mereka kerjakan.”
(QS. Al-An’am 6: Ayat 122)

Kandungan Ayat

1. Orang-orang yang dibangkitkan kembali dengan cahaya.
2. Orang-orang yang dibangkitkan dalam kegelapan.
3. Orang-orang kafir merasa indah terhadap apa yang mereka kerjakan.”

Ibrah, pelajaran yang dapat di ambil:

* Hidup mempercayai wahyu yang diterima Nabi Muhammad saw, menerima Islam sebagai agama, maka mati dengan Islam, dibangkitkan dengan penuh cahaya Tuhan.

* Hidup dengan menolak kerasulan Muhammad, mengabaikan wahyu, memusuhi Islam, maka mati membawa kerugian, dibangkitkan dalam kegelapan.

Catatan

Islam bertabur cahaya Tuhan, Iman dalam lindungan Allah, kekafiran indah dalam kegelapan. QS. Al-Baqarah 2: Ayat 17 dan 257

Doa

رَبَّنَاۤ اَ تْمِمْ لَـنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَـنَا ۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim 66: 8). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini