KKN Unmuh Jember Gandeng MCC Surya Muhaja, Meningkatkan Pendidikan Anak di Desa Rojopolo
Kolaborasi Mahasiswa KKN Unmuh Jember dengan MCC Surya Muhaja dalam kegiatan untuk meningkatkan pendidikan di Desa Rojopolo.
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember menginisiasi kolaborasi dengan Muhammadiyah Children Center (MCC) Surya Muhaja dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk meningkatkan pendidikan di Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (15/8/2024) dengan sasaran utama siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut.

Hafid, sebagai Koordinator Desa (Kordes) KKN UnmuhJember Kelompok 09, mengkoordinasikan tim dalam pelaksanaan program bimbingan belajar (bimbel) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Matematika.

“Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak di Desa Rojopolo, agar mereka bisa memiliki kompetensi akademis yang lebih baik,” ujar Hafid.

KKN Unmuh Jember Gandeng MCC Surya Muhaja, Meningkatkan Pendidikan Anak di Desa Rojopolo
Kolaborasi Mahasiswa KKN Unmuh Jember dengan MCC Surya Muhaja dalam kegiatan untuk meningkatkan pendidikan di Desa Rojopolo.

Penanggungjawab program Bimbel KKN Unmuh Kelompok 09, Margi, menjelaskan, kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat membekali siswa dengan pengetahuan yang berguna untuk masa depan mereka,” kata Margi.

Slamet Sagi dan Arif Rohman Hakim S.Si, Pengurus MCC Surya Muhaja, menyambut baik kolaborasi ini.

“Kami senang bisa bekerjasama dengan UNMUH Jember untuk memberikan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak di desa ini. Harapan kami, kegiatan ini dapat memacu semangat belajar mereka,” ungkapnya.

Selain itu, Bunda Enik Winarsih S.Pd yang juga Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Jatiroto, bertindak sebagai guru pendamping dalam kegiatan ini. Bunda Enik mengapresiasi inisiatif mahasiswa UNMUH dan MCC Surya Muhaja dalam mendukung pendidikan di desa.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami. Mereka mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan yang lebih luas,” tutur Bunda Enik.

Karta Kris Dianto S.Pd., selaku Humas MCC Surya Muhaja, menyatakan, program bimbel ini mencakup tiga mata pelajaran utama yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Matematika. Materi pelajaran ini dipilih berdasarkan kebutuhan pendidikan dasar para siswa di Desa Rojopolo sejalan dengan ide dari anggota PCM Jatiroto Kahfi Purwo Setiawan, SE dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan akademis dan kompetensi mereka.

Program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa di Desa Rojopolo, meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut. (syahrul ramadhan)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini