Mahasiswa Kristen Terkesan Ikut Masa Ta’aruf di Kampus Muhammadiyah
Kezia Rahayu ikut Masta PMB 2024 di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS. foto: humas ums 
UM Surabaya

Mahasiswa Kristen jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kezia Rahayu N menyampaikan kesan mengikuti Masa Ta’aruf (Masta) Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2024 di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Kezia mengungkapkan acaranya asik dan seru dan pelaksanaan Mastanya juga lancar.

“Teman-teman juga seru, tidak ada yang membedakan. Malah ditawarin nyobain pakai hijab sama teman-teman sambil bercanda gitu,” ujar mahasiswa Ekonomi Pembangunan itu, Selasa (20/8/2024).

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan itu mengungkapkan alasan pemilihan program studi, karena sebelumnya Kezia sekolah di SMK dan mengambil jurusan Perkantoran dan yang paling dekat atau sejalur itu adalah  jurusan Ekonomi Pembangunan.

“Selain itu, karena saya asli Colomadu, jadi dekat juga dengan kampus UMS. Saya juga suka karena fasilitasnya bagus jadi orangtua juga mendukung, yang penting tempatnya berkualitas,” tutur dia.

Kezia berharap nanti ketika kuliah bisa lancar dan bisa berguna setelah lulus dari UMS.

Dalam kesempatan yang sama, Juliananta Putri Atmadja atau yang akrab disapa Lily juga sempat berdialog dengan Kezia.

Lily juga bercerita pengalamannya sebagai mahasiswa Kristen yang kuliah di UMS. Dia sendiri mengatakan kepada Kezia, bahwa dosen di UMS itu tidak membedakan, jadi aman dan nyaman kuliah di UMS.

“Kalau aku pribadi nyaman, di awal Masta juga dulu dibercandain pakai hijab. Terus selama kuliah dosen-dosen juga tidak membeda bedakan mahasiswanya gitu,” kata Lily menjawab pertanyaan Kezia.

Kepala Bagian Kaderisasi dan Dakwah Biro Kemahasiswaan UMS, Dr. Mahasri Shobahiya, M.Ag., mengungkapkan bahwa UMS merupakan kampus yang inklusif.

“Ketika adik-adik mahasiswa baru melihat ada peserta Masta yang tidak pakai jilbab di antara kalian, ya tidak papa. Mereka mahasiswa non muslim yang memilih UMS menjadi kampus tempat menimba ilmu,” papar Mahasri Shobahiya di depan ribuan mahasiswa baru.

Menurutnya, perlu sama-sama menjaga dan mendukung perbedaan apapun yang ada di kampus UMS, baik dari perbedaan agama, suku, bangsa, maupun negara. (fika/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini