MBS SMP Muhammadiyah 15 SurabayaJadi Pelopor Tasmi’ Hafalan Al-Qur'an
Para santri dan guru SMP SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. foto: ist
UM Surabaya

Muhammadiyah Boarding School (MBS) SMP Muhammadiyah 15 Surabaya meluncurkan program unggulan bernama Tasmi’ Hafalan Al-Qur’an Bil-Ghaib, pada Rabu (18/9/2024).

Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan hafalan para santri dan santriwati sekaligus memutqinkan hafalan mereka.

Sebanyak 25 santriwati MBS ikut berpartisipasi dalam kegiatan perdana ini, dan program ini direncanakan akan berlangsung secara rutin setiap pekan. Acara dibuka oleh Kepala SMP Muhammadiyah 15 Surabaya (MBS) Ustaz Banjar.

Dalam sambutannya, Banjar mengingatkan para santri dan santriwati untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an dan berusaha menjadi hafidz-hafidzah.

“InsyaAllah, dengan begitu, hidup kalian akan bahagia di dunia dan akhirat,” ujarnya.

Kegiatan Tasmi’ ini juga sejalan dengan visi sekolah, yaitu “Terwujudnya pelajar muslim yang bertauhid sahih, berakhlak mulia, berprestasi akademik, kreatif, inovatif, dan berkemajuan, yang mengacu pada akhlak mulia Rasulullah sebagai perwujudan Al-Qur’an dalam diri manusia.

“Allahummarhamna bil Qur’an. Semoga Allah senantiasa merahmati kita dengan Al-Qur’an,” tegas Banjar.

Tasmi’ merupakan kegiatan mendengarkan hafalan Al-Quran tanpa kesalahan di hadapan para penguji.

Pada kesempatan ini, tiga santriwati terpilih—Nadya, Qudwa, dan Asyifa—berhasil memperdengarkan hafalan mereka dari juz 29 dan 30 dengan lancar dan fasih.

Usai acara, Direktur MBS Ustadz Aziz Maulana Akhsan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada santriwati yang telah menyelesaikan hafalan juz 29 dan 30.

“Semoga ini menjadi inspirasi bagi santriwati lainnya untuk menuntaskan hafalan mereka. Dengan adanya Tasmi’ ini, santri akan terdorong untuk terus murojaah hingga hafalan satu juz utuh. Ayat atau surat yang pernah dihafal tidak hanya disetor sekali, tetapi harus dijaga dan diulang terus,” pungkasnya. (azis maulana akhsan)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini