Fashmu Muhammadiyah Jatim Membanggakan, Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Pembukaan Fashmu 2024 di Auditorium Umsida. (foto: romadhona)
UM Surabaya

Festival Anak Sholeh Muhammadiyah (FASHMU) 2024 kerja bareng Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PMW Jatim) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan Smamda Sidoarjo resmi dibuka, Sabtu (28/9/2024). Festival yang melombakan 5 cabang lomba itu diiikuti 600 peserta utusan dari 36 Daerah Muhammadiyah di Jawa Timur.

Wakil Ketua PWM Jatim Dr Sholihin Fanani yang membuka festival mengaku bangga dengan terlaksananya kegiatan tersebut. Meski diakui, program tersebut sudah direncanakan sejak 2015.

“Selamat untuk seluruh panitia, kegiatan hari ini benar-benar gebyar, peserta membludak dari seluruh Jatim, masuk parkiran Umsida tadi saya lihat sendiri ada PDM sampai mengerahkan dua bus. Ini prograhan tahunan, semoga tahun depan lebih meriah,” ujar Kiai Sholihin.

Peraih gelar doktor bidang sumber daya manusia itu menyampaikan, perlunya jajaran Muhammadiyah untuk terus semangat berdakwah dengan berbagai kegiatan. Seperti Fashmu yang digelar hari ini.

“Jadi ini berbeda denga ME (Muhammadiyah Awad), peserta Fashmu ini tidak ada yang mewakili sekolah, tapi benar-benar utusan dari Majelis Tablig daerah. Saya berharap, Fashmu akan semakin menggairahkan kegiatan di daerah daerah. Semakin banyak kegiatan semakin baik, untuk kemajuan dakwah Muhammadiyah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Syafiq A. Mughni yang menyampaikan ceramah kunci (keynot speaker), menilai Fashmu sangat sangat bermafaat. Tidak hanya untuk anak- anak, tapi juga orang tua bagi aktivis Majelis Tabligh di wilayah maupun daerah.

“Dengan kegiatan ini, temen teman Majelis Tabligh di daerah sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Ini semua untuk membentuk anak-anak generasi Al Qur’an sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW,”

Syafig A Mughni pun mengusulkan, dalam Fashmu ke depan, ada lomba stand up comedy dengan konten dakwah. Hal ini berawal dari alasan sedikitnya penceramah Muhammadiyah yang bisa menyampaikan dakwah dalam kemasan canda. Tentu saja canda yang bermakna, canda yang mencerahkan,”

Acara pembukaan Fashmu 2024 berlangsung meriah dengan penampilan Tari Saman yang dibawakan para siswi SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Selain itu ada sajian bakso gratis sebanyak 1500 porsi untuk seluruh peserta dan pendamping di acara Fashmu.

Ketua Panitia Pelaksana Fashmu 2024 Ust Hasanuddin, M Ag dalam laporannya menyampaikan, sebanyak 591 peserta utusan dari daerah daerah Muhammadiyah se Jatim ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak, baik peserta, pendukung, sponsor maupun jajaran panitia yang telah bekerja keras sehingga acara pada hari ini berlangsung sukses,” ujarnya. (ono)

Untuk mendapatkan update ceat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini