Merasakan Perbedaan Rasa
UM Surabaya

*)Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Bermacam-macam makhluk yang diciptakan Allah SWT. Bermacam-macam warna warni, bermacam-macam rupa, bermacam-macam rasa. Semua perbedaan mengandung hikmah bahwa manusia mampu membedakan, mengetahui perbedaan, mampu membedakan rasa. Sehingga manusia bisa memilah dan memilih, guna menentukan pilihannya yang terbaik.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَا يَسْتَوِيْ الْبَحْرٰنِ ۖ هٰذَا عَذْبٌ فُرَا تٌ سَآئِغٌ شَرَا بُهٗ وَ هٰذَا مِلْحٌ اُجَا جٌ ۗ وَمِنْ كُلٍّ تَأْكُلُوْنَ لَحْمًا طَرِيًّا وَّتَسْتَخْرِجُوْنَ حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَا ۚ وَتَرَى الْـفُلْكَ فِيْهِ مَوَا خِرَ لِتَبْـتَـغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّـكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan tidak sama (antara) dua lautan; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari (masing-masing lautan) itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai, dan di sana kamu melihat kapal-kapal berlayar membelah laut agar kamu dapat mencari karunia-Nya dan agar kamu bersyukur.”
(QS. Fatir 35: Ayat 12)

Kandungan Ayat

1. Macam-macam rasa ; “Dan tidak sama (antara) dua lautan; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit.
2. Kekayaan laut ; “Dan dari (masing-masing lautan) itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai.
3. Karunia Allah ; “Dan di sana kamu melihat kapal-kapal berlayar membelah laut agar kamu dapat mencari karunia-Nya dan agar kamu bersyukur.”

Ibrah yaitu pelajaran yang dapat dipetik;

1. Kalau lautan saja berbeda rasa, tawar, segar, sedap, asin lagi ada yang pahit.
2. Didalam corak kehidupan menjadi banyak perbedaan, yang penting saling memahami,        menghormati, menghargai.
3. Dan perlu diketahui, bahwa dengan perbedaan manusia bisa saling melengkapi               kekurangan dalam hidup dan mensyukuri karunia ilahi..

Catatan

Perbedaan rasa, perbedaan kekayaan, perbedaan kelebihan dan kekurangan, bila dipahami akan melahirkan kebersamaan di dalam satu wadah, di dalam meraih cita-cita bersama.

Hikmah
Rasa yang berbeda, mengajari manusia untuk pintar memilih.

Do’a mensyukuri Ni’mat

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. QS. Al-Naml 19

Penjelasan:
Dijelaskan dalam Al-Qr’an bahwa ayat ini adalah doa Nabi Sulaiman kepada Allah SWT agar mendapatkan ilham untuk mensyukuri nikmat serta dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang beramal shaleh di dunia hingga kemudian mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini