Perhatikan Animal Welfare, Telurmoe Binaan Muhammadiyah Raih Sertifikat Internasional
UM Surabaya

Kelompok Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM) binaan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPM PP Muhammadiyah) membawa kabar yang membanggakan. Produk unggulan mereka, “Telurmoe” hasil dari program pemberdayaan masyarakat MPM PP Muhammadiyah, telah berhasil meraih sertifikasi bergengsi dari Humane Farm Animal Care (HFAC) global.

Ketua MPM PP Muhammadiyah, M. Nurul Yamin, memberikan tanggapannya mengenai pencapaian tersebut. Yamin menekankan bahwa sertifikasi HFAC merupakan hasil dari konsistensi dalam melakukan pemberdayaan telur ayam yang memperhatikan standarisasi kesejahteraan hewan (Animal Welfare) dan peningkatan keterampilan kelompok difabel yang tegabung dalam JATAM.

“Program pemberdayaan telur ayam ini terinspirasi dari model di negara Swiss, dimana telur ayam memiliki strata sosial berdasarkan standar kesejahteraan dan kebahagiaan hewan. Semakin bahagia ayamnya, maka semakin mahal hasil telurnya”, ungkap Yamin ketika ditemui pada Senin (30/9/2024).

Ia juga menambahkkan, Telurmoe dikelola secara langsung oleh difabel yang tergabung dalam JATAM, dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan hewan, kualitas produk, dan peningkatan ekonomi.

Baca juga: Lewat Program ‘Telur Moe’, Muhammadiyah Berdayakan Kelompok Difabel

Lebih lanjut, Yamin menjelaskan, program tersebut memberikan dampak positif tidak hanya bagi masyarakat luas, tetapi juga dalam meningkatkan keterampilan dan perekonomian para difabel yang terlibat.

“Kami terus berupaya memberikan bimbingan agar telurmoe dapat terus berkembang dan berdampak positif bagi masyarakat dan menjadi sarana para difabel JATAM untuk meningkatkan keterampilannya, bahkan juga membantu meningkatkan penghasilan para difabel JATAM itu sendiri”, tambah Yamin.

Sertifikasi HFAC yang diperoleh Telurmoe ini merupakan pengakuan Internasional atas penerapan standar kesejahteraan hewan yang tinggi. HFAC adalah lembaga yang memberikan sertifikasi kepada produsen yang memenuhi standar terkait perawatan, produksi, dan kesejahteraan hewan.

Dengan perolehan sertifikasi ini, Telurmoe membuktikan bahwa produk mereka benar-benar memiliki kualitas yang tinggi. Menurut Yamin, telur ayam yang diproduksi kaya akan manfaat kesehatan yang baik untuk dikonsumsi.

“Telurmoe kaya akan omega 3,6,9, Rendah kolestrol, tinggi protein dan vitamin D, serta masih banyak kandungan kesehatan yang terjamin dalam telurmoe,” jelasnya.

Yamin berharap dengan diperolehnya sertifikat HFAC, maka akan meningkatkan kepercayaan diri para difabel JATAM dalam mengembangkan keterampilan dan meningkatkan penghasilan mereka. Diharapkan juga ini akan terus berkelanjutan sehingga manfaatnya akan terus dirasakan oleh masyarakat luas. (bhisma)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini