Dari NTT ke Barcelona. Perjalanan Inspiratif Mahasiswa UMM Raih Beasiswa IISMA 2024
Aloysius Gonzaga Alnabe di Barcelona. foto: ist
UM Surabaya

Aloysius Gonzaga Alnabe, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sukses terbang ke Barcelona melalui program beasiswa Indonesian International Student Award (IISMA) 2024.

Gonza, sapaan akrabnya, bersama 40 rekan mahasiswa dari Indonesia berkesempatan menikmati pengalaman belajar selama tiga bulan di Universitat Pompeu Fabra (UPF), Barcelona, Spanyol, sejak September.

Gonza merasa sangat bersyukur atas kesempatan emas ini dan pengalaman belajar yang luar biasa. Ia pun membagikan tiga hal menarik tentang Barcelona yang membuatnya terkesan.

Pertama, saat pertama kali menginjakkan kaki di kota terbesar kedua Spanyol tersebut, Gonza kagum melihat tata ruang kota yang didesain ramah pejalan kaki, memudahkan mobilitas.

Kedua, banyak bangunan bersejarah berusia ratusan tahun yang berdiri kokoh dan indah. Ketiga, Gonza terkesan dengan budaya dan sistem pendidikan di UPF, yang mendorong diskusi penuh antara dosen dan mahasiswa.

“Saya sangat menikmati belajar di UPF Barcelona ini. Kami tidak merasa terintimidasi dan diberi kebebasan untuk bertukar pikiran dan argumen dengan para dosen. Suasana belajar di sini sangat menyenangkan,” tambahnya.

Mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur ini juga membagikan pengalaman menariknya selama di Barcelona. Salah satunya adalah Tapas, tradisi unik khas Spanyol berupa makanan porsi kecil yang disajikan sebagai hidangan pembuka.

Selain itu, Gonza menjelajahi Montserrat, destinasi wisata terkenal dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan di Catalonia, barat laut Barcelona.

“Menurut saya, Spanyol, terutama Barcelona, adalah salah satu tempat di dunia ini yang nyaris sempurna. Monumen-monumen bersejarah berdiri sedemikian rupa dengan arsitektur yang indah, tata ruang kota yang terstruktur rapi didukung juga dengan pedestrian-friendly, makanan yang mendunia, serta destinasi wisata yang worth it banget untuk dikunjungi,” sambungnya dengan antusias.

Tak hanya senang menikmati keindahan Kota Barcelona, Gonza juga bertekad untuk menyalurkan semua ilmu dan wawasan baru yang didapatnya agar bisa dibagikan kepada orang lain.

Menariknya, selain sebagai mahasiswa HI UMM, Gonza aktif mengajar bahasa Inggris di beberapa tempat. Meskipun menikmati pertukaran pelajar di UPF, ia mengaku sering merindukan kampus dan kampung halamannya.

Terakhir, Gonza berpesan kepada generasi muda untuk tidak ragu dan takut memulai hal yang disukai.

Ia menekankan pentingnya aktif dalam organisasi, kegiatan sosial, dan lomba-lomba sebagai nilai tambah yang dapat membantu menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

“Saya juga berterima kasih kepada UMM yang selalu menjadi wadah dan memberikan dukungan bagi para mahasiswanya untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Saya harap teman-teman mahasiswa UMM lainnya memanfaatkan segala fasilitas kampus. UMM memiliki banyak program beasiswa internasional, jadi jangan ragu untuk mendaftar. Apapun hasilnya, jadikan itu sebagai alat untuk mengukur kemampuan diri,” tegasnya. (din/wil)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini