Lima Amalan Penghapus Dosa
foto: getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Dr. Ajang Kusmana

Istighfar adalah permohonan ampunan kepada Allah. Permohonan ini bisa dilakukan dengan membaca lafadz istighfar atau dengan mengerjakan amalan-amalan yang mendatangkan ampunan dari Allah dan menghapus dosa.

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan bersegeralah menuju ampunan Tuhan kalian, dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran: 133)

Berikut ini adalah beberapa amalan atau dzikir yang bisa mendatangkan ampunan Allah atau menghapuskan dosa-dosa:

  1. 1. Tauhid

    Seseorang yang mentauhidkan Allah, sekalipun datang dengan membawa sepenuh bumi dosa, akan dibawakan sepenuh bumi pula ampunan.

    قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ اللَّهُ تَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Allah Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, seandainya engkau datang kepada-Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi, kemudian engkau menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku, niscaya Aku akan mendatangkan kepadamu ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. At-Tirmidzi)

    2. Takwa

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَل لَّكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

    “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian bertakwa kepada Allah, Allah akan menjadikan untuk kalian pembeda (antara yang benar dan yang salah), dan Allah akan menghapus keburukan kalian serta mengampuni kalian. Dan Allah adalah Pemilik Keutamaan yang Agung.” (QS. Al-Anfaal: 29)

    3. Menjalankan Sunah Nabi saw

    قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

    “Katakanlah (Wahai Muhammad): Jika kalian mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran: 31)

    4. Sabar ketika menghadapi rasa capek, sakit, dan musibah

    مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

    “Tidaklah menimpa seorang muslim: rasa capek, sakit, cemas, sedih, ataupun gangguan, atau bahkan rasa gundah, sekalipun tertusuk duri, kecuali Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan sebab itu.” (HR. Al-Bukhari)

    5. Berwudu

    إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ أَوِ الْمُؤْمِنُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَتْ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنَ الذُّنُوبِ

    “Jika seorang muslim atau mukmin berwudu kemudian mencuci wajahnya, keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilihat oleh kedua matanya bersama air atau tetesan terakhir air. Jika ia mencuci kedua tangannya, keluarlah dari kedua tangannya seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersama air atau tetesan terakhir air. Jika mencuci kedua kakinya, keluarlah seluruh dosa yang dilakukan oleh kakinya bersama air atau tetesan terakhir air, sehingga ia keluar dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR. Muslim). (*)

    Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini