Kegelapan Menuju Cahaya
foto:ilmair.com
UM Surabaya

Oleh:Maro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Mendapat perlindungan merupakan hal yang sangat beruntung bagi orang-orang yang menginginkan atau mengharap keselamatan, baik dunia maupun akhirat.

Perlindungan dari Allah adalah perlindungan yang sebenar-benarnya, sebuah naungan yang hak dan pasti, yang penuh cahaya keabadian. Adapun perlindungan thoghut (setan), sebuah perlindungan yang gelap tanpa cahaya, yang menuai kehancuran dan kesengsaraan.

Allah menjanjikan kehidupan penuh cahaya, inilah anugerah yang istimewa bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT.

📗 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ ۗ وَا لَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اَوْلِيٰۤــئُهُمُ الطَّا غُوْتُ ۙ يُخْرِجُوْنَهُمْ مِّنَ النُّوْرِ اِلَى الظُّلُمٰتِ ۗ اُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ النَّا رِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

“Allah Pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 257)

📚 Kandungan Ayat

1. Pelidung orang beriman; “Allah Pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman).

2. Pelindung orang kafir; Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.”

🌻 Ibrah yaitu pelajaran yang dapat dipetik ;

Ayat ini langsung dengan jelas mengarahkan dua hal;
Pertama, Allah pelindung kepada orang-orang yang beriman, membawa dari kegelaoan menuju cahaya.

Kedua Setan sebagai pelindung orang-orang kafir, membawanya dari cahaya menuju kegelapan.

🪐 Sejarah dapat diambil contoh;

1. Islam masuk Indonesia sebuah hal dakwah yang memberi pencerahan, bukan menjajah. Beda halnya, Spanyol, Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang, hadir sebagai thoghut membawa kegelapan yakni menindas, menjajah Indonesia.
2. Kekejaman PKI, yang dikenal dalam sejarah dengan G30sPKI, juga ingin mengganti Ideologi Pancasisa dengan ideologi komunis yang tidak berkemanusiaan.

✏️ Catatan

1. Petunjuk Allah membawa manusia dari kejahatan menjadi manusia baik.
2. Adapun setan membawa manusia baik menuju jahat.
3. Allah tetap memenangkan orang-orang yang berada diatas jalan petunjuk.

💍 Hikmah

Cahaya kebenaran tidak akan padam, walau raksasa kejahatan mencengkeramnya, karena cahaya itu milik Tuhan.

🤲 Do’a

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu; Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia). QS. Ali-Imran 8

Penjelasan:
Ayat ini merupakan doa saat kita menghadapi segala soal di dalam hidup ini. Selama petunjuk Allah SWT masih membimbing kita akan selamatlah kita. Jangan kita berani berjalan dengan kemauan sendiri, memperturutkan kehendak hawa-nafsu, niscaya kita akan sesat.

Semoga Allah SWT akan menjauhkan kita dari kesesatan itu. Tidaklah hidup di dunia yang paling sengsara daripada sesat sesudah petunjuk, atau kepadaman suluh di tengah jalan. Teringat kepada nikmat iman yang pernah dirasai, sekarang telah hilang dan payah buat kembali ke sana. Orang lain kelihatan maju terus menuju rida Allah SWT, sedang diri sendiri telah terbenam ke dalam lumpur kesesatan. Itu sebabnya selalu kita hendaknya memohonkan rahmat yang datang langsung dari Allah SWT, rahmat ke dalam hati dan sikap hidup, yang memancar kepada amal dan perbuatan. Sampai kelak kita meninggal dunia dengan khusnul khatimah.

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini