Lazismu, USAID Catalyze, dan BPJS Kesehatan Gelar Pelatihan untuk Guru Honorer
Pelatihan Kapasitas Guru dan Sosialisasi Program JKN bagi guru honorer.
UM Surabaya

Lazismu, USAID Catalyze, dan BPJS Kesehatan berkolaborasi dalam menyelenggarakan Pelatihan Kapasitas Guru dan Sosialisasi Program JKN bagi guru honorer. Pelatihan ini merupakan bagian dari program kesehatan yang disepakati pada Mei 2024, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan guru honorer di Indonesia secara berkelanjutan. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah pada Sabtu (12/10/2024)

Hadir dalam acara tersebut antara lain Direktur Utama Lazismu Ibnu Tsani, M. Khoril Huda dari Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Team Leader USAID Catalyze Maya Amiarny Rusady, serta perwakilan dari BPJS Kesehatan dan USAID Catalyze.

Direktur Utama Lazismu, Ibnu Tsani, menyatakan bahwa program ini bertujuan memenuhi hak warga negara dalam perlindungan kesehatan, terutama bagi para guru. “Kesejahteraan dan perlindungan kesehatan guru harus diprioritaskan agar profesi ini tetap bermartabat,” ungkapnya. Sebanyak 69 guru honorer penerima manfaat program ini akan mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dan bantuan pelunasan tunggakan iuran BPJS Kesehatan.

Selain mendukung guru, Lazismu juga telah melaksanakan berbagai program kesehatan lainnya, seperti Klinik Apung Said Tuhuleley di Kepulauan Maluku, yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Maya Amiarny Rusady dari USAID Catalyze menyampaikan apresiasinya kepada Lazismu atas kerja sama ini. Program ini mengusung model pembiayaan campuran (blended financing) yang melibatkan sektor swasta untuk mendukung layanan kesehatan.

“Tujuannya adalah membantu masyarakat mendapatkan akses kesehatan dan meningkatkan kapasitas mereka agar mampu membayar iuran BPJS secara mandiri,” jelas Maya.

Dalam kesempatan yang sama, guru honorer peserta pelatihan, Hartini, menyatakan bahwa program JKN ini sangat membantu akses kesehatan bagi dirinya dan keluarganya.

“BPJS saya yang sebelumnya tidak aktif kini bisa digunakan lagi. Terima kasih kepada Lazismu dan USAID Catalyze atas bantuannya,” ujarnya.

Acara ditutup dengan penandatanganan MoU antara Lazismu dan USAID Catalyze serta penyerahan simbolis bantuan pelunasan iuran JKN bagi guru honorer. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini