Doa di Masa Tenang, Jawaban di Masa Sulit
foto: freepik
UM Surabaya

*) Oleh: Dr. Ajang Kusmana

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَسْتَجِيبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَ الشَّدَائِدِ وَالكَرْبِ فَلْيُكْثِرِ الدُّعَاءَ فِي الرَّخَاءِ

“Barangsiapa yang ingin doanya dikabulkan oleh Allah ketika dalam kesulitan dan penderitaan, hendaklah ia memperbanyak doa saat sedang lapang.” (HR. Tirmidzi, Shahihul Jami’ no. 6290)

Hadis ini mengajarkan bahwa mukmin yang sejati tidak hanya berdoa ketika menghadapi musibah, tetapi juga di saat-saat penuh kebahagiaan.

Syaikh Ali Al-Qari menjelaskan, salah satu ciri khas seorang mukmin adalah bersyukur dan waspada sebelum kesulitan menimpa, seperti “memperhatikan panah sebelum melepaskannya.”

Beliau berkata:

مِـنْ شِـيمَةِ الـمُـؤْمِـنِ الشَّـاكِـرِ الـحَـازِمِ أَنْ يُـرِيْـشَ لِلسَّهْـمِ قَبْـلَ الرَّمْـيِ، وَيَـلْتَـجِئَ إِلَـى اللهِ تَعَالَى قَبْـلَ مَسِّ الِاضْطِرَارِ

“Di antara ciri khas seorang mukmin yang bersyukur dan bijak adalah ‘memperhatikan panah sebelum melepaskannya’, dan kembali kepada Allah sebelum tertimpa kesulitan.”
(Mirqatul Mafatih 4/1531)

Betapa tidak menyenangkan jika kita hanya mendekati seseorang saat membutuhkan bantuan, sementara selama masa senang kita melupakan mereka.

Demikian pula dengan Allah, jangan hanya ingat kepada-Nya saat hidup terasa berat.

Kadang, kebahagiaan, kesehatan, dan kenikmatan duniawi membuat kita lupa untuk berdoa dengan penuh kerendahan hati.

Kita tergesa-gesa berdoa, seakan tidak membutuhkan pertolongan-Nya. Padahal, kita selalu membutuhkan Allah dalam segala kondisi, baik dalam suka maupun duka.

Kunci agar doa kita dikabulkan adalah memperbanyak doa saat hidup kita tenang dan lapang. Jangan hanya menunggu kesulitan datang untuk bermunajat.

Jika kita rajin berdoa di masa senang, Allah akan lebih mudah mengabulkan doa-doa kita saat sedang dirundung kesulitan, musibah, atau cobaan hidup.

Berdoalah di setiap kesempatan, dengan khusyuk dan penuh harap, agar rahmat Allah senantiasa melimpah dalam setiap kondisi yang kita hadapi. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini