UMM Masuk Lima Besar Kampus Terbaik Indonesia dalam Kualitas Riset
Mahasiswa UMM melakuka riset. foto: ist
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengukir prestasi gemilang. Terbaru, UMM berhasil masuk dalam lima besar kampus dengan kualitas riset terbaik di Indonesia, tepatnya di posisi keempat, menurut pemeringkatan World University Rankings (WUR) 2025 yang dirilis oleh Times Higher Education (THE).

Prestasi ini membuat UMM unggul atas berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Sementara itu, secara keseluruhan, UMM menempati peringkat ke-18 dalam penilaian semua aspek.

UMM meraih skor 39,6 pada aspek riset, yang menjadi komponen utama dalam penilaian WUR. Wakil Rektor IV UMM, Muhammad Salis Yuniardi, M.Psi., Ph.D., menjelaskan bahwa kualitas riset memainkan peran sentral dalam pemeringkatan tersebut, dengan bobot terbesar diberikan oleh THE pada dimensi ini.

Terdapat empat indikator yang diukur dalam aspek riset, yaitu dampak sitasi (citation impact), kekuatan riset (research strength), keunggulan riset (research excellence), dan pengaruh riset (research influence).

“Prestasi ini menunjukkan bahwa riset-riset yang dihasilkan oleh sivitas akademika UMM memiliki kualitas yang sangat baik. Tidak hanya menghasilkan riset dalam jumlah besar, tetapi juga memberikan solusi nyata bagi masyarakat,” ujar Salis.

Indikator-indikator tersebut menilai kontribusi akademik universitas terhadap penelitian, serta seberapa besar dampaknya di tingkat global.

Pengakuan internasional dan dampak nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan menjadi tolok ukur utama yang harus dipenuhi oleh berbagai riset yang dilakukan.

Salis berharap pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika UMM untuk terus meningkatkan kualitas riset mereka.

Dengan demikian, UMM dapat terus mendapatkan berbagai pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi Kampus Putih UMM dan Muhammadiyah dalam membangun pendidikan berkualitas dan unggul. Ini juga menjadi kabar baik bagi seluruh warga Muhammadiyah yang telah berjuang memajukan pendidikan di Indonesia,” tutup Salis. (wil/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini