LP2M PDM Gresik Resmi Luncurkan MTQ IV
Ketua, Sekretaris, serta Wakil Ketua saat launching MTQ IV LP2M PDM Gresik
UM Surabaya

Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik resmi meluncurkan pendaftaran peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IV, Senin (21/10/2024) sore.

Acara berlangsung di Gedung Dakwah PDM Gresik dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan penting, seperti Ketua PDM Gresik H. Muhammad Thoha Mahsun, SAg, MPdI, MHES, Wakil Ketua Dr. Muhammad Arfan Mu’ammar, MPdI, dan Koordinator Majelis Dikdasmen serta Lembaga Pengembangan Pesantren, Sekretaris PDM H. Yusuf Diachmad Sabri, ST, MBA, serta Ketua LP2M PDM Gresik, Raden Jamal, S FiI, MFilI.

Menurut Raden Jamal selaku Ketua Panitia, pendaftaran MTQ LP2M PDM Gresik dibuka setelah peluncuran ini dan akan ditutup pada 31 Oktober 2024. Calon peserta dapat mendaftar secara daring melalui Google Form yang disediakan oleh panitia.

Peserta MTQ IV ini terdiri dari santri perwakilan Pesantren Muhammadiyah se-Kabupaten Gresik, serta siswa dari sekolah formal di bawah naungan Dikdasmen yang memiliki program kepesantrenan, seperti program Tahfidz khusus atau yang mengasramakan siswa.

“Kegiatan MTQ ini merupakan salah satu program unggulan LP2M PDM Gresik, dengan tujuan utama memasyarakatkan Al-Qur’an dan memperkuat budaya membaca Al-Qur’an di kalangan warga Muhammadiyah,” jelasnya.

Ditambahkannya,  kegiatan ini juga didasari oleh anggapan di masyarakat bahwa warga Muhammadiyah kurang pandai dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, melalui MTQ ini, LP2 berusaha memperbaiki persepsi tersebut dan meningkatkan kualitas tilawah di kalangan warga.

Standar Penyelenggaraan dan Dewan Hakim

Untuk menjaga kualitas penyelenggaraan, LP2M PDM Gresik mengadopsi sistem penilaian yang digunakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Gresik, seperti tata tertib, kriteria penilaian, dan cara penilaian. Bahkan, Dewan Hakim yang menilai peserta juga sebagian besar berasal dari Dewan Hakim MTQ Pemda Kabupaten Gresik.

Menurut Raden Jamal, langkah ini diambil agar kualitas pelaksanaan MTQ LP2 setara dengan penyelenggaraan MTQ oleh pemerintah daerah.

LP2M PDM Gresik Resmi Luncurkan MTQ IV
Peserta antusias mengikuti kursus kaligrafi sebelum mengikuti MTQ IV LP2 PDM Gresik.

Cabang Lomba dan Penambahan Kategori

MTQ IV LP2 PDM tahun ini melombakan empat cabang utama, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) untuk 5 juz (Juz 1-5), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), dan Musabaqah Khot al Qur’an (MKQ). Selain itu, ada dua cabang baru yang diperkenalkan, yaitu Kaligrafi Kontemporer dan Syarhil Qur’an.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dr. Muhammad Arfan Mu’ammar selaku Steering Committee (SC) menjelaskan, penambahan cabang Kaligrafi Kontemporer bertujuan untuk mewadahi bakat seni menulis santri, sementara cabang Syarhil Qur’an diadakan untuk menguji kemampuan santri dalam memahami dan menyampaikan isi Al-Qur’an, khususnya dalam bahasa Arab.

Dukungan Ketua PDM Gresik

Ketua PDM Gresik, H. Muhammad Thoha Mahsun, dalam sambutannya, menegaskan bahwa penyelenggaraan MTQ ini merupakan bagian dari amanat Musyda XI Muhammadiyah Gresik. Salah satu amanat tersebut adalah menyelenggarakan sekolah Tilawah yang nantinya akan mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan kader persyarikatan Muhammadiyah.

Thoha Mahsun juga menekankan pentingnya acara MTQ ini sebagai sarana untuk mendeteksi dan mengembangkan potensi santri, terutama dalam kemampuan membaca Al-Qur’an secara tilawah atau qiro’ah. Ia berharap ke depan, dengan adanya kegiatan seperti MTQ, akan lahir kader-kader Muhammadiyah yang mampu berpartisipasi di ajang MTQ tingkat daerah maupun nasional.

Kursus Kilat Kaligrafi Kontemporer sebagai Pra-Event

Sebelum acara MTQ IV dimulai, LP2M PDM Gresik mengadakan Kursus Kilat Kaligrafi Kontemporer pada 15 Oktober 2024 di Gedung Dakwah PDM Gresik. Kegiatan ini diikuti oleh 39 santri yang merupakan calon peserta lomba kaligrafi di MTQ IV. Kursus ini bertujuan memberikan tambahan pengetahuan dan persiapan bagi para santri sebelum kompetisi dimulai.

Kursus tersebut dibuka oleh Dr. Muhammad Arfan Mu’ammar, dengan pemateri utama Agus Salim, SPd, seorang seniman kaligrafi kontemporer dari Jawa Timur. (arfan muammar)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini