Pandanglah ke Bawah Agar Tak Membuatmu Meremehkan Nikmat Allah
foto: arabnews.com
UM Surabaya

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini).

Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari Muslim)

Al Munawi rahimahullah mengatakan:

“Jika seseorang melihat orang di atasnya (dalam masalah harta dan dunia), dia akan menganggap kecil nikmat Allah yang ada pada dirinya dan dia selalu ingin mendapatkan yang lebih.”

Cara mengobati penyakit semacam ini, hendaklah seseorang melihat orang yang berada di bawahnya (dalam masalah harta dan dunia).

Dengan melakukan semacam ini, seseorang akan rida dan bersyukur, juga rasa tamaknya (terhadap harta dan dunia) akan berkurang.

Jika seseorang sering memandang orang yang berada di atasnya, dia akan mengingkari dan tidak puas terhadap nikmat Allah yang diberikan padanya.

Namun, jika dia mengalihkan pandangannya kepada orang di bawahnya, hal ini akan membuatnya rida dan bersyukur atas nikmat Allah padanya

Ada pun dalam masalah berlomba-lomba untuk meraih kenikmatan surga (akhirat), Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar (surga), mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang.

Kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan mereka yang penuh kenimatan.

Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya), laknya adalah kesturi; dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.” (QS. Al Muthaffifin: 22-26). (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini