Butuh Dua Cara Agar Sekolah Muhammadiyah Tetap Kompetitif
SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. foto: ist
UM Surabaya

Semangat pengabdian pada masyarakat kecil adalah jati diri gerakan Al-Ma’un Muhammadiyah.

Selain Al-Ma’un, identitas gerakan Muhammadiyah ditandai dengan ikhtiar memajukan kualitas kehidupan umat agar berkehidupan unggul (khairu ummah).

Sejak kelahirannya pada 1912 hingga kini, pelayanan sosial, kesehatan, dan pendidikan Muhammadiyah telah dirasakan oleh masyarakat luas di Tanah Air.

Seiring dengan semakin bertumbuhnya Muhammadiyah di seluruh Indonesia bahkan dunia, amal usaha yang dimiliki diharapkan terus meningkatkan kualitasnya karena persaingan global yang juga semakin ketat.

Perbuatan dan amaliah kita itu juga makin ke sini harus fadhilah, harus sesuatu yang amilatul fadliyah, perbuatan yang terbaik dan yang utama.

Persaingan yang ada tidak mesti membuat Muhammadiyah kehilangan arah, namun justru harus memacu diri untuk memberikan kualitas yang lebih baik.

Ciri sosiologis masyarakat Indonesia yang komunal adalah menginginkan barang berkualitas dengan harga terjangkau.

Karena itu, amal usaha yang dimiliki Muhammadiyah harus mampu menjadi alternatif yang menjawab kebutuhan tersebut, termasuk bagi lembaga pendidikannya.

Jadi ingin yang berkualitas dan syukur murah. Tetapi memang tidak rasional, sebab yang berkualitas itu mestinya mahal.

Tuntutan persaingan global yang makin ketat juga bukan alasan untuk berpasrah sehingga amal usaha yang dimiliki Muhammadiyah bersifat stagnan dan kemudian memberikan pelayanan apa adanya karena mengandalkan dalil Al-Ma’un.

Sebaliknya, Muhammadiyah bisa tetap bersaing dengan dua cara. Pertama, tetap memberikan pelayanan berbasis Al-Ma’un kepada masyarakat miskin.

Kedua, membuat amal usaha tertentu yang berkualitas dan ditujukan bagi kelompok ekonomi tertentu.

Itu bagus semangat Al-Maun, nanti insya Allah rezeki datang. Tapi kita juga harus sungguh-sungguh bikin yang berkualitas sekolah-sekolah unggul karena yang lain juga begitu.

Jangan sampai nanti jamaah, umat, warga tidak tertampung di sekolah Muhammadiyah dan sekolah Aisyiyah karena sekolahnya di bawah standar rata-rata.

Bahkan sekarang ada analogi sekolah makin mahal itu makin dikejar orang, tapi mahal berkualitas.

Jangan asal patok harga mahal tidak berkualitas, jadi amal kita harus makin terbaik itulah yang disebut dengan amaliah unggul berkemajuan. (*/tim)

(Disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir dalam pembukaan Musyda ke-13 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kabupaten Sukabumi, 30 Juli 2023)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini