Muhammadiyah Bakal Mendirikan Rumah Sakit di Aceh
kunjungan PWM Aceh ke Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah Kudus, foto:ist
UM Surabaya

Setelah beberapa waktu yang lalu Muhammadiyah akan mengembangkan rumah sakit di Papua, kini tersiar kabar bahwa Muhammadiyah juga akan mendirikan rumah sakit di Aceh.

Informasi tersebut didapatkan dari siaran pers ketika kunjungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh ke Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah Kudus, Jawa Tengah, Kamis (3/8/2023).

Untuk diketahui, Persyarikatan Muhammadiyah memiliki di Kudus memiliki beberapa rumah sakit yang bahkan dikelola oleh organisasi sayap perempuannya yaitu RS Sarkies Aisyiyah Kudus dan RS ‘Aisyiyah Kudus.

Kedua rumah sakit milik Persyarikatan Muhammadiyah tersebut menjadi salah satu rumah sakit yang berkembang dengan pesat di Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Bahkan RS Sarkies Aisyiyah Kudus menjadi rumah sakit terbesar milik Aisyiyah.

Oleh karena itu, Ketua PWM Aceh A. Malik Musa melakukan studi tiru ke Kudus. Sebab ada rencana akan mendirikan rumah sakit Muhammadiyah di Aceh. Kunjungan ini dilakukan untuk belajar dan mencari pengalaman.

“Hari ini kami menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Sakit Aisyiyah Kudus Jateng untuk belajar dan mencari pengalaman tentang cara mendirikan rumah sakit,” kata A. Malik Musa seusai kunjungan ke RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus.

Dengan sumber daya yang dimiliki saat ini, dirinya percaya bahwa PWM Aceh akan bisa segera merealisasikan pendirian rumah sakit.

Hal itu dilakukan untuk pemerataan pembangunan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Aceh.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekretaris Daerah Aceh Barat Daya, Salman Al Farisi mendukung gerakan yang dilakukan oleh Muhammadiyah untuk mendirikan rumah sakit di Aceh.

Hal itu menegaskan bahwa Muhammadiyah bukan hanya sebagai organisasi keagamaan, tapi juga penyejahteraan, pendidikan dan kesehatan.

“Muhammadiyah dan Aisyiyah tidak hanya berkontribusi pada bidang keagamaan, tetapi juga dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan lainnya,” ujar dia ketika memberikan sambutan di acara Musyda Muhammadiyah-Aisyiyah Aceh Barat Daya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini