Bentuk Trainer Dai, LDK Gandeng Pondok Hj Nuriyah Shobron UMS
Muhammad Arifin (kanan) di acara Rakornas LDK PP Muhammadiyah di UMS) foto: ist.
UM Surabaya

Pembentukan trainer dai menjadi salah satu poin yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat-Ahad (25-27 Agustus 2023).

“Jadi dari Rakornas LDK ini kita telah menghasilkan beberapa kesepakatan di antaranya adalah gerakan melakukan sebuah pembinaan, yaitu diawali dengan membentuk trainer yaitu Training of Trainer (ToT), kemudian kedua kita melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) di setiap regional yang kita tunjuk,” kata Ketua LDK PP Muhammadiyah Muhammad Arifin.

“Sehingga kompetensi para dai bisa diturunkan ke komunitas-komunitas yang menjadi sasarannya. Kegiatan terdekat setelah terlaksananya Rakornas adalah ToT dan dilanjutkan bimtek,” sambungnya.

Untuk trainer dai, LDK juga menjalin kerja sama dengan Pondok Hj Nuriyah Shobron UMS lewat penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang dilaksanakan pada pembukaan rakornas, Jumat (25/8/2023).

“Jadi kerja sama kami dengan Pondok Shobron adalah, dalam hal pembinaan sumber daya manusia (SDM) dan big data. Kemudian daerah sasaran dakwahnya,” kata dia.

Daerah sasaran dakwah yang dimaksud, di antaranya adalah kawasan 3T; terdepan, terluar, dan tertinggal beserta kampung mualaf.

Sementara itu, Rektor UMS yang diwakili Sekretaris Rektor Anam Sutopo berharap kerja sama antara LDK PP Muhammadiyah dengan UMS semakin kuat sehingga misi Muhammadiyah membangun taraf hidup masyarakat yang layak di daerah 3 T semakin mudah terwujud.

“Pak rektor berharap ada yang bisa ditelurkan dari gedung ini. Sehingga LDK PP bisa membawa misi yang teguh untuk berdakwah di komunitas,” paparnya.

Semangat LDK, terang dia, juga selaras dengan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) memiliki Tri Dharma, yaitu pengabdian masyarakat. Sehingga diharapkannya bisa membangun kolaborasi dalam menjalankan programnya.

“Harapan Pak Rektor, LDK PP ini bisa bermitra dengan PTMA. Sehingga memberikan nilai tambah bagi kemajuan Muhammadiyah,” pungkasnya. (afn/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini