Membalas Keburukan dengan Kebaikan
foto: blog.une.edu.au
UM Surabaya

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

Baik dan buruk. Seperti hitam dan putih. Baik dan buruk pun begitu. Keduanya diperlukan. Harus ada di waktu dan tempat yang sama.

Baik dan buruk itu ibarat dua sisi mata uang. Tanpa sisi yang satu, uang tak bakal laku. Tak bernilai. Tak berharga.

Baik dan buruk adalah cermin. Tanpa tahu yang buruk, kita tak akan mengerti yang baik. Sebaliknya, tanpa kenal yang baik, kita tak akan paham yang buruk.

Baik dan buruk juga ada dalam diri setiap orang. Siapa pun kita, pasti punya sisi baik maupun buruk. Tak ada orang yang tak punya cacat.

Entah itu Kadus, Kades, maupun Kadis, pastinya punya kadas atau kudis. Punya kekurangan di dalam kelebihan yang dititipkan padanya. Memiliki kelebihan di atas kekurangannya.

Esensi penciptaan manusia memang demikian. Tak ada seorang pun yang lengkap, yang komplet.

Sebab, kesempurnaan itu memang hanya milik Yang Di Atas, Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dialah Yang Maha Sempurna.

Menurut sebuah referensi, dalam Islam, baik dan buruk menjadi ajaran pokok. Menjadi tujuan utama. Merupakan perintah wajib bagi kaum muslimin, amar ma’ruf nahi munkar. Menegakkan yang benar dan melarang yang salah.

“Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik, dan laranglah mereka dari perbuatan yang mungkar, dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS Lukman 17)

Baik menurut kita belum tentu baik di mata orang lain. Bisa jadi sebaliknya. Apa lagi yang tak suka dengan kita, di matanya, kita tak akan ada baiknya.

Baik dan buruk. Berbuat baik dibalas baik, itu wajar. Balas budi. Tak ada istimewanya. Memang seharusnya demikian.

Berlaku baik, apa pun bentuknya, namun dibalas buruk, hal ini bukanlah sesuatu yang baru terjadi. Air susu dibalas dengan air tuba.

Adapun yang istimewa itu adalah ketika seseorang mampu membalas keburukan orang lain dengan kebaikan. Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini