Rutin Baca Alquran untuk Rukiah agar Terhindar dari Berbagai Penyakit
foto: aboutislam.net
UM Surabaya

Rukiah bukan sekadar ritual keagamaan, tetapi juga merupakan langkah preventif yang memiliki peran penting dalam melindungi diri dari berbagai penyakit, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik.

Menurut Ketua Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ruslan Fariadi, secara bahasa rukiah dipahami sebagai upaya pencegahan untuk perlindungan terhadap berbagai penyakit.

“Di mana manusia itu bisa tertimpa penyakit fisik, tetapi juga penyakit non-fisik,” katanya dalam acara Pengajian Ketarjihan Selasa Malam Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul, Selasa (3/10/2023).

Dijelaskan Ruslan, rukiah dapat diartikan sebagai upaya memohon perlindungan dengan menggunakan ucapan atau doa untuk menjaga kesehatan dan menghindari sakit.

Dengan definisi ini, ia menjelaskan bahwa membaca Alquran sebenarnya merupakan salah satu langkah preventif yang sangat efektif dalam mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk yang bersifat non-fisik.

“Membaca Alquran itu sesungguhnya bagian dari langkah-langkah preventif untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk yang bersifat non-fisik. Ini juga bisa kita sebut sebagai rukiah,” ungkap Ruslan.

Selain memberikan pahala spiritual, membaca Alquran juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa seseorang.

Dalam pandangan Ruslan, hal ini adalah bentuk keselarasan antara keimanan dan kesejahteraan fisik serta mental.

Masyarakat diharapkan untuk memahami bahwa rukiah, termasuk membaca Alquran, bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga merupakan sarana efektif untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Namun, Ruslan menekankan bahwa meskipun langkah-langkah preventif seperti membaca Alquran dapat memberikan manfaat, kesembuhan tetap berada di tangan Allah.

Membaca Alquran hanyalah salah satu bentuk ikhtiar yang dapat dilakukan oleh individu dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

“Kesembuhan tetap Allah yang mengatur. Membaca Alquran sebagai sebuah rukiah dapat menjadi ikhtiar agar kita terhindar dari penyakit sekaligus dapat memelihara kesehatan,” tutur Ruslan. (*/is)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini