Menpora Berkomitmen Dukung Muhammadiyah dalam Pengembangan Olahraga
Menpora RI, Dito Ariotedjo didampingi Rektor UMJ, Ma’mun Murod Al-Barbasy membuka turnamen mahasiswa U-23
UM Surabaya

Menpora Dito juga menyatakan komitmen mendukung Muhammadiyah dalam pengembangan olahraga. Komitmen itu disampaikan Menpora saat membuka Piala Mahasiswa U-23 yang digelar di Stadion Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ahad (8/10).

Pembukaan ditandai dengan tendangan simbolis dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo didampingi Rektor UMJ, Ma’mun Murod Al-Barbasy. Melalui Piala Menpora Mahasiswa U-23, ia mengajak masyarakat untuk memberikan semangat dan dukungan kepada para atlet muda Indonesia.

“Kami sepakat pembukaannya harus dimulai dari UMJ, karena saya tahu betul bagaimana komitmen Muhammadiyah terhadap olahraga. Simbol Piala Menpora Mahasiswa U-23 kita ambil dimulai dari UMJ,” jelas Dito dalam sambutannya.

Piala Menpora Mahasiswa U-23 diikuti oleh 32 tim dari perguruan tinggi se-Jabodetabek hingga Jawa Barat. Kompetisi akan berlangsung pada 8 hingga 28 Oktober di dua lokasi berbeda, yakni UMJ dan Universitas Indonesia (UI). UMJ akan menjadi tuan rumah hingga babak perempat final.

Adapun kompetisi sendiri terlahir berkat kerja sama Kemenpora dengan Forum Akademik Penggemar Sepak Bola Seluruh Indonesia (FAPSI).

Sementara itu, Pembina FAPSI sekaligus Rektor UMJ, Ma’mun Murod menyebut penunjukan UMJ sebagai tuan rumah pembukaan Piala Menpora merupakan pilihan yang tepat. Apalagi, sejarah kelahiran Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) lekat dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah.

“Dukungan Menpora yang langsung menunjuk UMJ sebagai tuan rumah tentu tidak salah. Kalau kita bicara sejarah PSSI, itu juga sejarah Muhammadiyah,” kata Ma’mun.

Senada dengan Ma’mun, Ketua Umum FAPSI, Amsori Baharuddin Syah bahwa sejarah sepak bola sangat erat kaitannya dengan Muhammadiyah.

Dia berharap dengan dipilihnya UMJ sebagai tuan rumah pembukaan Piala Menpora bagi mahasiswa U-23 juga dapat menjaring atlet sepak bola potensial di antara usia 18-23 tahun sebagaimana yang telah dilakukan Jepang lewat liga mahasiswa.

“Tentunya saya berharap kedepannya ada rumusan khusus bantuan dan dukungan kepada mahasiswa dalam pengembangan olahraga,” pungkas Amsori.

Laga pertama Piala Menpora Mahasiswa U-23 mempertemukan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melawan Universitas Nasional (UNAS) yang dimenangkan UMJ dengan skor telak 12-0. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini