Ajari Anakmu Salat agar Pintu Kebaikan Terbuka
foto: stock.adobe.com
UM Surabaya

Salat merupakan tiang agama yang menyokong tegaknya bangunan keislaman seseorang. Siapa yang mendirikan salat, berarti ia menegakkan sendi-sendi agama, dan siapa yang meninggalkan salat, berarti ia telah meruntuhkan sendi-sendi agama.

Salah satu pesan sekaligus pendidikan yang pertama perlu disampaikan kepada dzuriyah kita adalah tentang salat.

عَلِّمُوا الصَّبِيَّ الصَّلَاةَ ابْنَ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا ابْنَ عَشْرٍ

الراوي : سبرة بن معبد الجهني | المحدث : النووي | المصدر : المجموع للنووي
الصفحة أو الرقم : 3/10 | خلاصة حكم المحدث : صحيح

“Ajarkan anak untuk salat di usia tujuh tahun, dan berilah sanksi jika meninggalkan salat di usia sepuluh tahun.”

Hadis ini dijelaskan dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi:

قَوْلُهُ ( عَلِّمُوا الصَّبِيَّ الصَّلَاةَ) وَفِي رِوَايَةِ أبي داود مروا الصبي بالصلاة قال العلقمي فيشَرْحِ الْجَامِعِ الصَّغِيرِ بِأَنْ يُعَلِّمُوهُمْ مَا تَحْتَاجُ إِلَيْهِ الصَّلَاةُ مِنْ شُرُوطٍ وَأَرْكَانٍ وَأَنْ يَأْمُرُوهُمْ بِفِعْلِهَا بَعْدَ التَّعْلِيمِ

“Ajarkan anak untuk salat maksudnya dalam keterangan Jami’ Saghir adalah mengajarkan mereka segala hal yang berkaitan dengan salat, seperti syarat, rukun dan memerintahkan untuk melaksanakannya setelah mempelajarinya.

Dalam Sunan Abi Dawud menggunakan muruu, bukan a’limuu:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مُرُوا الصَّبِيَّ بِالصَّلَاةِ إِذَا بَلَغَ سَبْعَ سِنِينَ ، وَإِذَا بَلَغَ عَشْرَ سِنِينَ فَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا

“Nabi Muhammad bersabda, perintahkan anak untuk melaksanakan salat bila umur tujuh tahun, dan hukumlah jika mereka meninggalkan salat waktu memasuki umur sepuluh tahun.”

Dalam syarah Abu Daud menjelaskan hadis tersebut sebagai perintah yang dibebankan kepada orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya salat.

Ini artinya orang tua diperintah tugas untuk mengajarkan anak-anaknya tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan salat di umur tujuh tahun.

Sebab pintu kebaikan akan terbuka ketika dzuriyah kita mengenal salat melalui bimbingan dan arahan orang tua.

Allah berfirman dalam Surat Thaha Ayat 132:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَٱلْعَٰقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

Wa`mur ahlaka biṣ-ṣalāti waṣṭabir ‘alaihā, lā nas`aluka rizqā, naḥnu narzuquk, wal-‘āqibatu lit-taqwā

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.”

Yang dimaksud dengan bersabar dalam mengajak dan membimbingnya adalah dalam rangka menyelamatkan mereka dari azab Allah dengan mengerjakan salat dan bersabar dalam mengerjakannya. Semakna dengan pesan ayat ini adalah firman-Nya:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. (At Tahriim:6)

Ibnu Abu Hatim mengatakan, bahwa ia dan Yarfa’ pernah menginap di rumah Umar ibnul Khattab. Dan Umar mempunyai kebiasaan mengerjakan salat sunat di tengah malam, tetapi adakalanya ia tidak mengerjakannya, sehingga kami katakan, “Dia tidak salat sunat malam hari malam ini, tidak sebagaimana malam-malam sebelumnya.”

Umar bila hendak mengerjakan salat sunat malam hari, ia membangunkan keluarganya untuk ikut salat bersamanya, dan ia membacakan firman-Nya:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصْطَبِرْ عَلَيْهَا

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya” dengannya mengingat dan membaca ayat tersebut akan memperkuat kesabaran kita dalam meraih pahala, dan menghilangkan rasa bosan, dan ingatlah bahwa ada balasan yang akan segera menyertaimu.”

لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَٱلْعَٰقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

“Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa”. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini