LPH PP Muhammadiyah Ekspansi Sertifikasi Halal untuk Industri dari Korea Selatan
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) PP Muhammadiyah dengan Global Halal Certification Centre (GHCC) Korea Selatan.
UM Surabaya

Lembaga Pemeriksa Halal Pimpinan Pusat Muhammadiyah (LPH PP Muhammadiyah) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Global Halal Certification Centre (GHCC) Korea Selatan di Gedung PP Muhammadiyah Menteng Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023).

Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Direktur LPH PP Muhammadiyah Nadratuzzaman dan Global Chairman dari Global Halal Certification Centre Korea Selatan, Kwon Jeong San.

“Kami teken MoU ini dengan GHCC Korea Selatan dengan fokus memperbanyak sertifikasi produk halal, terlebih lagi dalam beberapa tahun terakhir ini banyak lndustri dan perusahaan dari Korea Selatan ingin ikut memainkan peranan penting di pasar lndonesia,” katanya.

Dalam kerja sama ini, LPH PP Muhammadiyah sebagai lembaga Pemeriksa Halal yang sudah terakreditasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan membantu perusahaan-perusahaan Korea yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. Sementara itu, GHCC akan berfungsi sebagai Marketing Agency.

“Mereka juga dapat berkonsultasi ke Global Halal sehingga mereka nanti akan mengakses website halal, kita akan membantu meng-audit perusahaan di Korea yang membutuhkan sertifikasi,” tutur Nadra.

Dirinya berharap perdagangan lnternasional antara Korea dan lndonesia semakin meningkat dan perusahaan Korea semakin banyak yang berinvestasi membangun pabriknya di lndonesia.

Sementara itu, Global Chairman GHCC Korea Selatan, Kwon Jeong Sang berterimakasih dan menyambut baik kerja sama dengan LPH PP Muhammadiyah karena hubungan bilateral dan kultural antara pemerintah Korea Selatan dengan Pemerintah Indonesia sudah mencapai usia 50 tahun.

Meskipun banyak negara di dunia memiliki program halal yang sama tetapi Indonesia menurut Sang merupakan negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia yang potensial untuk menggarap industri halal di lndonesia. Karena itu pemerintah Korea menurutnya siap berinvestasi untuk sektor ini.

Selain soal sertifikasi halal, menurut Sang,  Pemerintah Korea juga fokus pada isu perubahan iklim dan program halal yang ramah lingkungan. Pemerintah Korea akan membantu Sistem Artificial Intelligence untuk LPH PP Muhammadiyah dan dalam waktu dekat, GHCC Korea Selatan akan menggandeng perusahaan besar untuk bekerja sama dengan LPH PP Muhammadiyah. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini