Islam Itu Agama yang Indah dan Mudah
foto: namb.net
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Islam is beautiful, are you as beautiful as Islam”
(Islam itu indah, Apakah diri Anda seindah Islam)

Islam adalah agama yang indah dan mudah, memberi pedoman hidup yang lengkap untuk umatnya. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda

إِنَّ الدِّيْنَ يُسْرٌ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّيْنَ أَحَدٌ إِلَّا غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا ، وَأَبْشِرُوْا، وَاسْتَعِيْنُوْا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَيْءٌ مِنَ الدُّلْجَةِ ). وَفِيْ لَفْظٍ: …وَالْقَصْدَ الْقَصْدَ تَبْلُغُوْا.

“Sesungguhnya agama ini mudah. Tidak ada seorang pun yang mempersulit agama melainkan dia akan dikalahkannya.

Maka luruslah dalam beramal, dekatilah (tingkat kesempurnaan), dan bergembiralah, dan mintalah pertolongan kepada Allah SWTpada pagi, sore, dan akhir malam.

Pada lafaz lain disebutkan, “…Berlaku sederhanalah (tidak berlebihan), berlaku sederhanalah, niscaya kalian akan sampai (pada tujuan).” (Hadis sahih diriwayatkan oleh Bukhari No.39 dan 646)

Ajaran-ajaran Islam didasarkan pada Alquran dan hadis yang menjadi sumber utama bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut dalil yang menunjukkan keindahan dan kemudahan dalam Islam.

Pertama, Dalam salat lima waktu. Sebagaimana dalam firman-Nya,

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

“Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang yang rukuk.” (QS. Al-Baqarah:43)

Ayat di atas menjelaskan bahwa seperti salat yang dikerjakan berulang-ulang sehari semalam sebanyak lima kali, di waktu-waktu yang telah ditetapkan.

Allah SWT memberikan kemudahan dengan mewajibkan salat jamaah bagi laki-laki.

Sebab berkumpul dalam beribadah termasuk perkara yang menimbulkan semangat dan kemudahan, menghasilkan kebaikan agama dan kesalehan iman, serta pahala dari Allâh SWT.

Agama Islam itu indah dan mudah. Bila dalam salat, kita belum mampu membaca ayat dan surat yang panjang. Cukup kita pilih, surat yang pendek sebagai bacaan. Pasrahkan soal ganjaran kepada Allah yang Maha Rahman.

Kedua, Mengenai puasa. sebagaimana dalam firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah:183)

Ayat di atas menjelaskan diwajibkannya puasa Ramadan, Islam itu indah dan mudah kaum muslimin diwajibkan hanya satu bulan dalam setahun. Dan melakukannya secara bersama-sama.

Meninggalkan syahwat makan dan minum di siang hari, bersetubuh di siang hari dan Allah SWT menggantikannya untuk mereka dengan karunia, kebaikan, ganjaran dan pahala yang berlipat ganda serta menambah keimanan mereka.

Mari kita menabur kebaikan. Supaya kita menuai keindahan. Mari kita menabur kasih sayang. Supaya kita menuai kedamaian dan kebahagiaan. Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini