Tantangan Dakwah Memperbaiki Peradaban di Tengah Dinamika Zaman
Fathurrahman Kamal, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah
UM Surabaya

Perkembangan zaman yang terjadi begitu cepat menjadi satu tantangan tersendiri terhadap peradaban umat saat ini. Perkembangan zaman dan teknologi memiliki dampak yang dirasakan umat manusia, mereka disodorkan pilihan untuk kokoh dalam kebaikan atau larut dan keburukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Fathurrahman Kamal, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah dalam pengajian Kuliah Subuh Ahad Pagi pada Ahad (05/11).

Fathurrahman menjelaskan, setiap perubahan memiliki dua sisi yang saling berseberangan. Manusia bisa memanfaatkan perubahan untuk kebaikan, atau sebaliknya terseret kepada keburukan dan tergolong orang yang merugi.

“Zaman yang terus berkembang harusnya mempermudah kita dalam berdakwah dan juga berjihad di jalan Allah, namun akan merugi jika kita malah terlena dan lalai dalam memanfaatkan perkembangan zaman seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Menurut Fathur, kemaksiatan di era modern kini terbilang lebih ekstrem dibandingkan dengan kemaksiatan yang dilakukan pada zaman dulu. Kemaksiatan seperti tersusun kemudian tersebar secara meluas, dan masif.

Kemaksiatan saat ini lebih merugikan banyak orang dan juga lebih kejam dari zaman sebelumnya. Ketidaksetaraan, kekerasan, penindasan, hak-hak yang direnggut sampai pembunuhan terjadi dimana-mana. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini