UAS Ajak Mahasiswa Miliki Kualifikasi Diri Ulul Albab
Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ustaz Adi Hidayat
UM Surabaya

Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ustaz Adi Hidayat (UAH) berpesan agar para mahasiswa mengembangkan kapasitas diri menjadi muslim dengan kualitas ulul albab.

Penekanan untuk memiliki kualitas ulul albab bagi mahasiswa, kata UAH penting agar mereka tumbuh menjadi manusia yang utuh selepas lulus dari kuliah. Sehingga dengan keutuhan itu mereka nantinya dapat berkontribusi maksimal sebagai warga bangsa maupun warga dunia.

“Jangan sampai anda, sebagai mahasiswa di universitas setelah lulus nanti tidak punya atau tidak bisa mengeksekusi ide dan gagasan. Persiapkan dari sekarang, apa yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan di daerah masing-masing, di negara, dan di dunia,” pesannya.

Dalam Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Tabligh Akbar di masjid K.H. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ahad (12/11/2023), UAH mengingatkan bahwa contoh ulul albab telah diteladankan oleh Nabi Muhammad Saw.

Nabi Muhammad Saw saat bangun tidur, jelas UAH selalu membaca Surat Ali Imran ayat 190 sampai 200, yang sebagian berisikan tanda-tanda bagi orang yang berakal.

“Bahkan semenjak bangun tidur, kita sudah dituntun oleh Rasulullah untuk membuktikan keimanan kita menjadi pribadi yang menggunakan akalnya. Itulah seorang ulul albab, yang dapat berperan sebagai seorang yang solutif dan mengerti esensi dari setiap peristiwa,” terangnya.

… Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (QS.3:190)

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka. (QS.3:191)…

Di dalam Alquran sendiri, ulul albab disebut sebanyak 16 kali. Ulul albab digunakan untuk merujuk pada seorang muslim yang terus menggunakan akalnya dalam mencerna segala hal dengan kesadaran iman pada seluruh aktivitasnya dari bangun tidur sampai menjelang tidur kembali.

Menurut UAH, menjadi ulul albab adalah salah satu cara pembuktian iman yang kuat kepada Allah Swt. Karena selalu berpikir, cerdas, dan menjaga kesadaran iman, seorang ulul albab memiliki etos disiplin sehingga seluruh aktivitas hidupnya tidak mubazir, melainkan menjadi bermakna dan berpahala.

UAH menerangkan bahwa orang beriman sudah memiliki visi kehidupan yang panjang semenjak bangun tidur. Menurutnya, visi seseorang yang hanya berorientasi kepada diri sendiri masih terlampau pendek. Sebab orang beriman sudah merencanakan apa yang harus dia kerjakan yang pekerjaannya itu berdampak bagi orang di sekitarnya.

“Ini juga sebagai praktik keimanan kita dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Orang beriman, setelah ia bangun tidur sudah memiliki kurikulum kehidupan yang visioner bahkan hingga kehidupan akhirat, tidak hanya kehidupan dunia. Maka jika seseorang telah mengamalkan ayat-ayat dalam surat Ali Imran ini, tidak akan pernah ia menjadi sosok kecuali yang terbaik di bidangnya dan di zamannya,” jelasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini