Abdul Mu’ti Kembali Ingatkan Pentingnya Dana Abadi Pendidikan
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti
UM Surabaya

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti kembali menyampaikan alasan diluncurkannya Gerakan Infak Pendidikan (GIP) 111 pada malam puncak Milad ke-111 Muhammadiyah. Menurutnya, Muhammadiyah ingin menjadi organisasi yang mandiri dan kuat dalam mengelola lembaga-lembaga pendidikan yang bernaung di bawahnya.

“Karena itu target kita supaya nanti dana abadi pendidikan itu mencapai Rp111 miliar, saya kok yakin itu akan bisa tercapai,” kata Mu’ti dalam Tausiyah di Tabligh Akbar Semarak Milad ke-111 Muhammadiyah di Ponorogo, Minggu (19/11/2023).

Dana GIP 111 Muhammadiyah ditargetkan tembus Rp111 miliar. Abdul Mu’ti optimis akan bisa menembus atau bahkan melampaui target Rp111 miliar tersebut. Pasalnya sampai waktu dilaunching, Sabtu (18/11/2023) GIP 111 telah berhasil menghimpun dana Rp82 miliar lebih.

Guru Besar Pendidikan Agama Islam ini mengaku, bahwa urusan pendidikan di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Bersamaan dengan itu, Muhammadiyah sebagai pelopor pendidikan Islam modern, tidak ingin tercecer kualitas.

Terkumpulnya infak melalui GIP 111 ini akan digunakan untuk menstandarkan gaji guru-guru Muhammadiyah, menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang representatif, beasiswa bagi siswa yang tidak mampu, dan lain sebagainya.

Menurutnya, masalah lain yang menjadi sorotannya saat ini adalah terjadinya ketimpangan di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Dalam pandangan Mu’ti, banyak sekolah-sekolah Muhammadiyah yang megah, namun juga ada sekolah yang kondisinya sebaliknya.

“Ini yang memang ingin kita selesaikan, tidak bisa kita bergantung pada pihak lain, termasuk pemerintah,” tutur Mu’ti.

Abdul Mu’ti pada kesempatan ini juga menyoroti tentang PPPK untuk guru. Menurutnya, program tersebut banyak merugikan sekolah swasta, bukan hanya sekolah Muhammadiyah.

Tidak ingin terjebak pada masalah kebijakan yang seperti enggan berpihak, Muhammadiyah melalui GIP 111 ini, dengan dana yang sudah terkumpul akan digunakan juga untuk menstandarkan gaji guru-guru Muhammadiyah.

“Dana abadi pendidikan itu kita sumbangkan untuk membantu peningkatan kesejahteraan para pendidik, dan tenaga kependidikan,” imbuhnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini