SMAM X Surabaya Deklarasikan Pemilu Anti Hoax dan Ujaran Kebencian
Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah Riandy Prawita (tengah) bersama Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMAMX
UM Surabaya

Sekolah Keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (SMAMX) menggelar pelantikan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) dan Hizbul Wathan (HW) periode 2023-2024 di BG Junction, Surabaya, Selasa (5/12/2023).

Pelantikan PR IPM dan HW SMAMX, juga dilaksanakan Deklarasi Pemilu Anti Hoax dan Ujaran Kebencian untuk Pemilih Pemula dengan mendatangkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) Riandy Prawita. Kegiatan tersebut dihadiri Direktur MBA Spartans Ir Sudarusman, perwakilan wali murid, serta siswa undangan dari sekolah negeri maupun swasta lainnya.

Waka Kesiswaan SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, Alfianur Rizal RRA MPd menjelaskan, dalam kegiatan pelantikan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Hizbul Wathan periode 2023-2024 dilaksanakan juga orasi ilmiah dari Ketua Umum PP IPM. Riandy Prawita  membahas tentang pemilu damai, anti hoax dan ujaran kebencian untuk pemilih pemula yakni pelajar.

“Tujuan deklarasi tersebut yakni memberikan wawasan kepada pemilih pemula utamanya para pelajar di ruang lingkup SMAMX untuk turut menyemarakkan pesta demokrasi di tahun 2024, terutama di pemilihan presiden,” terangnya.

Alfianur Rizal  yang juga Sekretaris MPK SDI PDM Surabaya berharap, dengan deklarasi tersebut diharapkan para pelajar mendapatkan wawasan untuk mengikuti pesta demokrasi dengan iklim yang sejuk, tidak mudah terpancing dengan isu-isu hoax serta ujaran kebencian. Apalagi pelajar sangat dekat dengan media sosial (medsos) sehingga akan lebih berhati-hati dalam memilih informasi.

Dikatakannya, para pelajar merupakan pemilih pemula yang jumlahnya cukup banyak dalam Pemilu 2024.

“Sehingga sangat penting bagi kami untuk mengedukasi kepada para siswa agar lebih berhati-hati dalam menikmati informasi yang ada di medsos, dan juga bagaimana mempersiapkan pelajar-pelajar di Indonesia emas tahun 2045 karena merekalah yang akan menjadi pemimpin,” tuturnya.

Alfi berharap, setiap pelajar kedepannya akan lebih cermat dan lebih cerdas memilih informasi tentang isu-isu Pemilu sehingga tidak mudah terpancing atau terprovokasi berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

“Dengan orasi ilmiah dari Ketua Umum PP IPM, pelajar supaya lebih obyektif dalam memilih pemimpin, tidak berdasar pada berita-berita yang tidak mudah dipercaya, jadi akan lebih selektif untuk memilih pemimpin di tahun 2024 terutama untuk pemilih pemula”, tandasnya. (pno/*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini