Optimisme Menghadapi Masa Depan
foto: thanatism.org
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Today’s optimism will determine tomorrow’s level of success.”
(Optimisme hari ini akan menentukan tingkat kesuksesan besok)

Optimisme merupakan sikap positif dalam menghadapi masa depan yang penuh harapan dan keyakinan.

Optimisme membantu seseorang dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dan memberikan semangat untuk terus bersikap positif dalam setiap hal.

Allah SWT berfirman:

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ فَإِذَا جَآءَ وَعْدُ ٱلْءَاخِرَةِ لِيَسُۥٓـُٔوا۟ وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا۟ ٱلْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا۟ مَا عَلَوْا۟ تَتْبِيرًا

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.” (QS. Al-Isra’:7)

Ayat ini menunjukkan bahwa setiap tindakan yang kita lakukan akan memiliki akibat pada diri kita sendiri.

Dengan berpikir positif, kita akan cenderung melakukan tindakan yang positif juga, sehingga hasil yang kita dapatkan juga akan lebih baik.

Selain itu, dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan, Dari Abu Said Al-Khudri dan dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kekhawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” (HR. Al-Bukhari No. 5642 dan Muslim No. 2573).

Hadis ini menunjukkan bahwa meskipun kita mengalami kesulitan dalam hidup, namun Allah akan memberikan ganjaran dan pengampunan bagi setiap perjuangan yang kita lakukan.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, optimisme dalam menghadapi masa depan harus tetap terjaga agar kita bisa terus bersikap positif dan yakin akan selalu ada kemudahan dari Allah SWT dalam setiap persoalan yang kita hadapi.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini