Definisi maslahat seperti itu mereduksi maslahat hanya, demi dan untuk kebaikan manusia saja. Maslahat dimaksud al-Ghazali adalah maslahat yang memelihara tujuan agama.
Menurut al-Ghazali agama memiliki lima tujuan penting untuk manusia (Al-Ghazali, 1971:160). Pertama, memelihara agama (al-din). Kedua, memelihara jiwa (al-nafs). Ketiga, memelihara akal (al-aql). Keempat, memelihara keturunan (al-nasl). Kelima, memelihara harta (al-mal).
Sedangkan urutan atau derajat maslahat dalam al-mustasyfa masih sama sebagaimana urutan maslahat dalam Syifa’ al-Ghalil. Pertama, al-dharurat (hak primer). Kedua, al-hajat (hak sekunder). Ketiga, al-tazayyunat wa al-tashilat atau al-tahsinat (hak suplementer). (*)
Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News